Berkah Ramadhan, SMPN 1 Cikelet dan SDN 4 Wanakerta Kwarran Cibatu Garut Bagikan Rantang Pramuka

MIMBAR EDUKASI1,434 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Rantang Pramuka adalah salah satu bentuk kegiatan sosial yang dilakukan oleh anggota Pramuka dengan cara membagikan makanan atau perlengkapan masak kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Dalam pelaksanaannya, anggota mengumpulkan sumbangan dari anggota lainnya atau dari masyarakat sekitar. Kemudian, sumbangan tersebut digunakan untuk membeli makanan atau perlengkapan masak yang kemudian dimasukkan ke dalam Rantang Pramuka, kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam hal ini, Pamuka SMPN 1 Cikelet yang dipimpin langsung oleh Dewan Penggalang membagikan Rantang Pramuka kepada masyarakat setempat, tukang ojek, panti jompo, para pedagang dan lainnya pada Minggu (24/03/2024), di Pangkalan SMPN 1 Cikelet, Jalan Raya Cikelet, Kabupaten Garut.

“Bakti sosial Rantang Pramuka adalah kegiatan sosial yang sangat bermanfaat dan dapat membantu memperkuat hubungan sosial antar anggota Pramuka serta memberikan manfaat langsung bagi masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini juga dapat membantu membentuk karakter yang baik pada anggota Pramuka, seperti rasa kepedulian, empati, dan solidaritas,” demikian disampaikan Pembina Pramuka Putri yang juga sebagai guru SMPN 1, Wina Dwina Hermayanti, saat mendampingi kegiatan Rantang Pramuka.

Sementara, Pembina Putra di Gudep Pangkalan SMPN 1 Cikelet, Satria mengungkapkan, selain sebagai bakti sosial kegiatan ini juga dijadikan ujian dalam menempuh Tanda Kecakapan Khusus bagi anggota Pramuka Penggalang di Pangkalan, karena segala persiapan dikelola oleh mereka.

“Kami sebagai pembina Pramuka hanya mendampingi dan berperan sebagai konsultan bagi mereka. Kegiatan ini juga sebagai perwujudan pengamalan dari Dasa darma terutama poin kesatu “ Takwa Terhadap Tuhan yang Maha Esa”, dan Poin kedua “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia,” ujar Satria.

Pratama Putra, Mulky Akbar Nugraha sebagai mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pramuka SMPN 1 Cikelet

“Alhamdulillah kegiatannya berjalan lancar, terima kasih juga kepada seluruh anggota Pramuka Silet (Satu Cikelet) yang telah menyalurkan sumbangan Rantang Cinta ini, sehingga kita Pramuka ikut turun membagikan langsung ke masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, di Pangkalan SDN 4 Wanakerta, Kecamatan Cibatu, juga melaksanakan kegiatan sosial Rantang Pramuka. Mabigus Kwarran Ranting Cibatu, Tetty Rusmawati mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung merupakan kolaborasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa.

“Kegiatan ini berkat kolaborasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. Alhamdulilah berjalan dua hari ini sudah tersalurkan hampir 100 paket, baik sembako maupun paket untuk berbuka puasa,” tandas Tetty, Senin (25/03/2024) kepada hariangarutnews.com. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *