Kwartir Ranting Cibatu Garut Gelar Upacara Peringati Hari Bapa Pandu Sedunia, Jamiludin : Kita Harus Bahagia

MIMBAR EDUKASI1,702 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bapak Pandu Sedunia Robert Stephenson Smith Baden Powell Ke-167 tahun tanggal 22 Februari 2024, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Cibatu Kabupaten Garut melaksanakan apel di lapangan Alun-Alun Cibatu, Kamis (28/02/2024). Kegiatan dirangkum sekaligus dengan acara Fashion Show, Wide Games, Puzzle, Pembacaan Dwi Satya, Penggalang Penegak, Atraksi Pangkalan dan Bazar.

Camat Cibatu, Drs Sardiman Tanjung.

Upacara peringatan dihadiri, Mabiran yang juga Camat Cibatu Drs. Sardiman Tanjung, Ketua Korwil Bidang Pendidikan, Mahmud Rochmas S.Pd M.Pd, Ketua Kwartir Ranting Cibatu, Drs. Jamiludin, Pengurus K3S Kecamatan Cibatu, Jajang Misbah S.Pd. M.Pd, Andalan Pramuka Berkebutuhan Khusus Kwarran Cibatu, Andri Sunandar. M.Pd SLB, para Mabigus, Pengawas, Gugus Depan dan Se-Kecamatan Cibatu.

Ketua Kwartir Ranting Cibatu, Jamiludin mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Baden Powel atau Hari Lahir Bapak Pandu Sedunia, yang lebih dikenal di lingkungan Pramuka sebagai Founders Day Ke-167 tanggal 22 Februari 2024, Kwartir Ranting di Kecamatan Cibatu melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan program kerja yang telah di sepakati bersama.

Ketua Kwaran Cibatu, Drs. Jamiludin.

“Hari ini Kwartir Gerakan Pramuka Cibatu melaksanakan upacara untuk memperingati HUT Bapa Pandu Sedunia, Lord Baden Powell yang Ke-167 tahun. Momen ini untuk memperingati betapa besarnya jasa Lord Baden Powell untuk Gerakan Pramuka di Indonesia,” terangnya kepada awak media.

Menurut Jamil, kegiatan-kegiatan dari Lord Baden Powell yang mana kata-kata, sikap dan perbuatannya menjadi panduan Gerakan Pramuka, baik untuk dunia internasional maupun di Indonesia. Pesan-pesan Lord Baden-Powell menurutnya, begitu banyak yang perlu diingat, yang tentu menjadi panutan, khususnya bagi Gerakan Pramuka.

“Jika kita ingin melihat orang lain bahagia, itu berarti kita bahagia. Jadi jika kita merasakan bahagia ketika kita melihat orang lain bahagia, kita melihat orang lain tersenyum. Itulah pesan-pesan dari Lord Baden Powell yang dititip bagi Gerakan Pramuka Dunia, bahkan kita yang ada di Cibatu khususnya. Semoga dengan kehadiran Bapak Pandu sedunia ini, dapat mengubah gerakan Pramuka dengan pesan-pesan Lord Baden Powell yang harus kita aplikasikan di dalam kehidupan kita sehari-hari,” ungkapnya.

Upacara dihadiri Ketua Korwil Bidang Pendidikan,  Pengurus K3S Kecamatan Cibatu, Andalan Pramuka Berkebutuhan Khusus Kwarran Cibatu, para Mabigus, Pengawas, Gugus Depan dan Se-Kecamatan Cibatu.

Ketua Kwarran Cibatu pun berharap agar kegiatan kepramukaan di tingkat Ranting dan Gugus Depan (Gudep) tidak hanya melakukan kegiatan ini sebagai seremonial yang rutin di lakukan setiap tanggal 22 Februari setiap tahunya. Namun, imbuh Jamil, semua stakeholder Pramuka dapat bersinergi melaksanakan program pembinaan bagi generasi muda lewat pendidikan Kepramukaan.

Sementara, Sardiman Tanjung, Mabiran Kwarran Cibatu yang menjadi Pembina Upacara, usai kegiatan menjelaskan bahwa Baden Powel merupakan Tokoh Pramuka Dunia, berasal dari Inggris dan Tokoh yang memberikan Inspirasi kepada beberapa Negara dalam Pembinaan kepada Generasi Muda dan terbentuknya Gerakan Pramuka di Indonesia.

Penampilan Perkusi SMPN 1 Cibatu

“Pemerintah telah mempercayakan Pendidikan Karakter Generasi Muda kita kepada Gerakan Pramuka dengan ditetapkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 dan PP Nomor 63 tahun 2013, dimana Pendidikan Kepramukaan merupakan Kurikulum Ekstra Wajib di semua jenjang Pendidikan,” pungkas Camat Cibatu. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *