oleh

Ceria di Kampung Bareto, Pengunjung : Main Congkak dan Boi-boian Mengingatkan Masa Kecil

HARIANGARUTNEWS.COM – Banyak tempat wisata yang menawarkan dan menyajikan berbagai konsep. Namun di kabupaten Garut, Wisata yang menyajikan konsep kaulinan lembur jaman baheula (permainan kampung jaman dulu) sangat jarang.

Kampung Bareto, terletak di jalan utama provinsi Garut Pameungpeuk, desa Tambakbaya kecamatan Cisurupan, menawarkan konsep wisata Budaya dan Edukasi, didalamnya terdapat semua jenis permainan tempo dulu yang kini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak generasi sekarang.

Salahsatu pengunjung, Erna Anggraeni (39), menyebutkan dirinya bersama keluarga sangat menikmati suasana yang ada dengan segala jenis permainan tempo dulu.

“Bermain congkak, sondah, boi boian, seolah mengingatkan masa kecil dulu, ” ucap Erna, disela menikmati permainan. Minggu (24/07).

Kini dengan adanya wisata seperti ini, lanjut Erna, anak-anaknya bisa mengenal permainan jaman dulu dan sedikit bisa melupakan gadget yang tiap hari dimainkan.

 

Permainan jaman dulu ini, lanjutnya lagi, selain melatih fisik dan tentunya bisa ceria bareng, juga merawat kebersamaan. Karena dimainkan secara bersama atau berkelompok.

” Pokoknya kami merasa ceria saat bermain, adem saat istirahat di saung (gazebo) dengan harga tiket yang cukup murah. Mudah-mudahan tempat wisata ini bisa bertahan dan semakin berkembang untuk melestarikan budaya serta permainan tempo dulu yang sangat jarang ditemukan di tempat wisata lain, ” pungkasnya. (Husni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

  1. Ping-balik: SpytoStyle.Com
  2. Ping-balik: Arie Baisch

Berita Terbaru