Sambut Tahun Baru Islam 1441 H, Pemkab Garut Gelar Festival Seni Islami

HARIANGARUTNEWS.COM – Tahun baru Islam bagi kaum Muslimin merupakan momentum penting, ini sebagai peringatan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW, dari kota Mekah ke Madinah. Di Indonesia dengan mayoritas muslim, banyak sekali kegiatan tradisi ini dilaksanakan diseluruh pelosok Nusantara, tak terkecuali di Kabupaten Garut.

Hadir dalam acara pembukaan Festival Tahun Baru Islam, Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH MP, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah, Ketua Dewan Pembina MUI Provinsi Jawa Barat Prof Dr KH Miftah Faridl, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, para SKPD, Ketua MUI Kabupaten Garut, DKM Masjid Agung Garut serta ribuan jamaah warga masyarakat Kabupaten Garut.

Bupati Garut bersama Jajaran Forkopimda gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut H Budi Gan gan Gumilar SH MH, selaku penyelenggara menyampaikan, bahwa kegiatan di selenggarakan bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Garut dan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Jawa Barat, untuk mengemas perayaan penyambutan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah dalam bentuk Festival.

“Kegiatan ini melibatkan para santri, muslimin muslimat yang ada di Kabupaten Garut. Target kehadiran dalam semarak menyambut perayaan, sekitar 2000 pengunjung yang terdiri dari warga masyarakat Kabupaten Garut dan wisatawan,” terang Budi, Sabtu (31/08).

Dilanjutkan Budi Gan Gan, rangkaian Festival Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriyah ini diisi beberapa kegiatan yakni, Pameran Bazar, Lomba Tahfid Qur’an, Lomba Marawis, Pagelaran Seni Gemyung Muharam, Seni Rudat Godog Karangpawitan, Seni Terbang Beluk Margawati, Rampak Bedug, Terbang Sejak Dukuh, pemutaran Film dan Pawai Obor.

Untuk lokasi kegiatan kata Budi, kegiatan terpusat di Pendopo, Gedung Dakwah Masjid Agung, Bale Paminton Intan Dewata, Alun-alun Garut yang menjadi panggung utama serta rute pawai obor di jalan protokol Kota Garut yang finis di Alun-alun Garut.

Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH MP, dalam sambutannya menuturkan bahwa momentum ini yang paling penting untuk kita semua selaku muslimin, ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah, mewujudkan sinergitas akselerasi kemajuan budaya untuk kekuatan ekonomi, mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif, mendorong kreativitas seniman dan budayawan dan pelestarian budaya tradisional daerah.

“Tahun depan akan lebih dimeriahkan kembali, ini dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhana Wata ala, inshaAllah tahun depan perlombaan-perlombaan ditambah lagi,” pungkas Rudy.

Usai pembukaan acara diisi oleh tausyiah yang disampaikan Ketua Dewan Pembina MUI Provinsi Jawa Barat Prof Dr KH Miftah Faridl. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *