Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut Apresiasi Job Fair SMK Al-Mukhtariyah Bayongbong

MIMBAR EDUKASI1,781 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kegiatan Job Fair dirangkaikan dengan bazar yang diadakan pada hari Rabu (07/02/2024), di SMK Al-Mukhtariyah Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, mendapatkan banyak tanggapan positif mulai dari Kepala Dinas Ketenagakerjaan, para pencari kerja, serta masyarakat umum yang turut hadir memeriahkan acara.

Antusiasme yang sama juga terlihat dari pihak perusahaan. Sebanyak 15 perusahaan ikut ambil bagian untuk menemukan kandidat terbaik bergabung ke dalam perusahaannya. Pihak SMK Al-Mukhtariyah berhasil meyakinkan pihak perusahaan untuk memanfaatkan momentum Job Fair menyeleksi calon tenaga kerja yang diharapkan.

Penandatanganan MoU antara SMK Al-Mukhtariyah dengan perusahaan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut, Ketua Yayasan dan Kepala SMK Al-Mukhtariyah.

Adapun perusahaan yang ikut bergabung dalam bursa kerja ini di antaranya adalah Mitra Utama Madani (MUM), FIF Group, Indomaret, Alfamart, BTPN Syariah, Lima Motor Garut, Mulya Cendikia Education (MCE), MCF, Ramayana, JG Motor, Koperasi Syariah BMT Itqan, Tactical Garmen Garut (TGG) dan lainnya.

Kegiatan yang juga melibatkan pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut  ini menjawab kegelisahan masyarakat yang selama ini belum mendapatkan pekerjaan. Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak panitia, sekira 140 orang telah melakukan registrasi. Dalam kesempatan ini dilakukan penandatangan MOU antara SMK Al-Mukhtariyah dengan PT. Alfamart, BMT Koperasi Syariah, PT. MCE LPK Magang Jepang serta lainnya.

Antusias warga mengikuti Job Fair Al-Mukhtariyah, Rabu (07/02/2024).

Di sela-sela acara, Ketua Yayasan SMK Al-Mukhtariyah, H. Toni Ahmad Efendi mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mendukung siswa dalam memasuki dunia kerja, pada kesempatan kali ini SMK Al-Mukhtariyah menyelenggarakan Job Fair dengan menghadirkan 15 perusahaan di sekolah, diserbu sedikitnya ratusan pencari kerja yang datang dari dalam maupun luar Kecamatan Bayongbong. Job Fair, kata H. Toni, bertujuan untuk memfasilitasi lulusan SMK yang memasuki dunia kerja.

“SMK Al-Mukhtariyah merupakan sekolah menengah yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki dunia kerja. Dan tentunya, kerja sama ini dibutuhkan untuk membentuk sinergi antara SMK dengan dunia industri, termasuk dalam kegiatan Job Fair 2024 ini,” ungkap H. Toni.

Kapolsek Bayongbong diwakili Kanit Binmas Polsek Bayongbong turut sosialisasi penerimaan anggota Polri di acara Job Fair.

Job Fair, lanjut Toni, ini diharapkan menjadi salah satu peluang bagi para lulusan SMK Al-Mukhtariyah dan semua pencari kerja khususnya di Kabupaten Garut dan sekitarnya. Selain itu, melalui kegiatan ini semoga hubungan antara SMK Al-Mukhtariyah dengan industri semakin solid sehingga mampu bersinergi untuk mengentaskan pengangguran di Kabupateb Garut, khususnya lulusan SMK.

“Bazaar ini juga menjadi kesempatan bagi organisasi kesiswaan untuk menjajal kemampuan manajemen, pemasaran, dan yang tidak kalah pentingnya adalah membangun jiwa kewirausahaan,” pungkas H. Toni.

Penandatangan MoU Kepala SMK Al-Mukhtariyah dengan PT. Alfamart

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, H. Mukhsin S.Sos, juga berharap Job ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan juga dapat memotivasi semua siswa SMK Al-Mukhtariyah untuk mempunyai dorongan semangat dengan menunjukkan pengetahuan dan keterampilannya. Job Fair SMK Al-Mukhtariyah ini, kata Dia, merupakan salah satu job fair yang sukses mengundang antusiasme para pencari kerja secara ramai, meriah, dan inovatif di Kecamatan Bayongbong.

“Kami mengapresiasi penuh langkah-langkah strategis seperti ini, semoga ini berhasil menjawab tantangan tingkat pengangguran terbuka serta menghapus stigma bahwa SMK merupakan penyumbang angka pengangguran terbesar selama ini. Tentunya kami juga akan terus mendukung upaya penekanan pengangguran dengan mendorong perusahaan untuk membuka lowongan pekerjaan,” ungkap Kadisnaker.

Sosialisasi dan Penyuluhan Bahaya Narkoba oleh DPD GANNA Kabupaten Garut warnai acara Job Fair SMK Al-Mukhtariyah

Selain Job Fair, SMK Al-Mukhtariyah juga mengadakan bazaar Product Presentation berupa tenan yang menyediakan aneka makanan dan minuman, diikuti oleh pengelola jurusan, organisasi ekstrakurikuler, dan OSIS. Selain itu siswa-siswi sekolah tersebut mendapat pencerahan tentang Bahaya Narkoba dari DPD Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA) Kabupaten Garut. Kegiatan Job Fair yang berlangsung diinisiasi oleh Bursa Kursus Kerja (BKK) SMK Al-Mukhtariyah yang sudah berjalan dua tahun, dimana setiap SMK wajib mendaftarkan BKK ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut.

Hadir dalam acara, Kadisnaker Kabupaten Garut, Forum Koordinasi Kecamatan (Forkopim) Bayongbong, Kepala Desa Cinisti, Ketua Yayasan Al-Mukhtariyah, Kepala Al-Mukhtariyah beserta guru dan staf, Ketua PWB, Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut beserta undangan lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *