Panwascam Garut Kota Libatkan Unsur Warga dan Pemuda Awasi Kampanye Terbuka

GARUT KOTA1,963 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bertempat di Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Garut Kota, Perum Griya Bale Kembang Blok C 14 Kelurahan Kota Kulon, Panwascam Garut Kota berikan wawasan kepada perwakilan warga dan unsur pemuda untuk ikut berperan aktif dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Ketua Panwascam Garut Kota, Djudju Nujuluddin mengatakan, partisipasi masyarakat ini dilibatkan dalam pengawasan pelaksanaan kampanye terbuka yang agendanya sudah berjalan hingga sepuluh Pebruari 2024 mendatang.

“Warga dari berbagai kalangan seperti tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda ini nantinya akan turut mengawasi jalannya rapat umum atau kampanye terbuka yang dilakukan tim pemenangan atau capres dan cawapres yang berkegiatan di Kecamatan Garut Kota,” ujar Djudju, Minggu (28/01/2024).

Mereka ini kata Djudju, membantu panwas untuk memantau jalannya kampanye terbuka. Jika ditemukan adanya pelanggaran, maka warga ini akan langsung melaporkan ke panwascam untuk segera ditindaklanjuti.

Dilibatkannya unsur pemuda dan masyarakat oleh panwas ini mendapat respon positif dari perwakilan pemuda di Garut Kota, seperti halnya disampaikan Husni salah seorang perwakilan pemuda Garut Kota.

“Saya senang bisa terlibat ini menjadi pengalaman berharga buat saya dan rekan-rekan,” ujar Husni.

Sejauh Ini, Di Kecamatan Garut Kota, kampanye terbuka yang dipusatkan di dua lokasi yakni Lapang Santiong dan Cilandak Kelurahan Margawati masih belum optimal dipakai. Meski begitu kegiatan kampanye secara tatap muka terbatas seperti di pesantren kafe-kafe dan lokasi lain masih tetap diawasi panwas.

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat Dan Hubungan Masyarakat (HP2HM) mengatakan, keterlibatan pihak eksternal dalam pengawasan pemilu ini diharapkan mampu memberikan warna agar pemilu berjalan aman dan damai.

Harapan terpenting, hasil Pemilu 2024 bisa melahirkan sosok pemimpin yang sesuai dengan pilihan masyarakat. Selain itu menghindari praktek politik uang dan pelanggaran pemilu lainya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *