Cegah Banjir di Musim Hujan, Pemkab Garut dan TNI-Polri bersama Warga Ciwalen Kompak Bersihkan Sampah di Aliran Sungai

GARUT KOTA2,132 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Mengatasi masalah sampah lingkungan yang memang bisa dikatakan klasik apalagi saat musim hujan. Digerakan langsung oleh Lurah Ciwalen, warga masyarakat setempat kompak bersama unsur pemerintah dan TNI-Polri lakukan giat pembersihan sampah di aliran Sungai Ciwalen Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

“Syukur alhamdulillah pada minggu kemarin, kami Pemerintahan Kelurahan Ciwalen dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup dan PUPR bersama warga dan TNI-Polri lakukan pembersihan sungai Ciwalen dari sampah,” ujar Lurah Ciwalen Ohan Suryana SIP, saat ditemui di kantornya, Kamis (07/03/2024).

Menurutnya, penyumbatan dan penumpukan aliran sungai dari sampah, akan memunculkan berbagai dampak seperti munculnya bibit penyakit dan akan memunculkan banjir terlebih saat ini musim penghujan.

“Mari mari kita jaga bersama-sama lingkungan kita, ini bukan saja tugas kami di pemerintahan, tapi ini tugas kita semua. Kami himbau kepada seluruh warga masyarakat buanglah sampah pada tempatnya, sungai bersih kita dapat rasakan kenyamanan,” ajaknya.

Pihaknya juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Dinas PUPR dalam hal ini UPT Garut Kota, Dinas Lingkungan Hidup dan TNI-Polri, serta warga masyarakat yang telah bekerjasama bergotong-royong dalam hal penanganan sampah tersebut.

Kepala UPT PUPR Garut Kota, Mulyadi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Kelurahan Ciwalen yang telah melaksanakan kerja bhakti bersama forkopimcam, mengangkat sendimentasi guna pencegahan pengendalian banjir dan menghilangkan bau ke pemukiman warga. Pembersihan aliran sungai yang ada di Garut Kota kata Mulyadi, setiap Triwulan rutin dilakukan.

“Alhamdulillah pada saat ini kami terjun dengan 6 personil tenaga sukarelawan yang kerja di UPT PUPR Garut Kota. Saya sampaikan himbauan pada masyarakat khususnya yang di wilayah aliran Sungai Ciwalen, baik dari hulu agar jangan buang sampah ke sungai karena akan menimbulkan suatu masyalah di hilir contohnya seperti di daerah Bentar ini,” kata Mulyadi.

Sementara, Ketua RW 08, Engkun Kurnia menyampai apresiasi dan terimakasih pada Pemerintahan Kelurahan Ciwalen, UPT PUPR Garut Kota, Dinas Lingkungan Hidup dan TNI-Polri yang telah berjibaku bersama warga dalam kegiatan.

“Saya ucapkan terimakasih pada Pak Lurah, UPT PUPR dan TNI-Polri yang telah peduli pada masyarakat kami, semoga Allah SWT membalas semua ini,” katanya.

Kegiatan kerja bhakti pembersihan aliran Sungai Ciwalen juga hadir pengusaha kulit yang tergabung di Asosiasi Pengusaha Kulit Indonesia (APKI). (Hany)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *