Ketua Kwarcab Garut : Mabigus Punya Peran Penting dalam Mendukung Pramuka di Pangkalan Sekolah

FOKUS1,414 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, dr Helmi Budiman membuka secara resmi kegiatan pembinaan Kwartir Ranting (Kwarran) dan Mabigus se-Kwaran Leles dan Kadungora di dua lokasi berbeda, diantaranya SDN 1 Leles dan SMP 1 Kadungora, pada Kamis (01/02/2024).

Dalam kesempatan acara, Ketua Kwarcab Garut, dr Helmi Budimaan memberikan motivasi terkait kepramukaan kepada Mabigus dan Pembina Gugus Depan.

“Sebagai Mabigus dan Pembina Gugus Depan harus memahami tugas, peran dan fungsinya. Kakak-kakak juga harus paham akan anggaran dasar dan rumah tangga,” ujar Kak Helmi Budiman.

Kak Helmi menyampaikan, Mabigus yang dijabat oleh para kepala sekolah memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan Pramuka di pangkalan sekolah. Mabigus kata dia, harus melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan Undang-undang.

“Peran ini yakni berupa dukungan agar kegiatan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi bisa berjalan dengan eksis,” katanya.

Untuk mencapai tujuan kepramukaan ini menurutnya, tidak bisa dilakukan sendiri melainkan dengan berkolaborasi. Antara Mabigus, Gugus Depan dan Kwarran harus bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan demikian, imbuh Helmi, tujuan untuk membentuk karakter, kepribadian, dan keterampilan generasi muda dapat tercapai. Gunakan amanah ini sebagai tempat untuk ladang pengabdian. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *