Perkenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru

MIMBAR EDUKASI1,492 views

Oleh : Ujang Sulton

Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informasi (F-Kominfo) Universitas Garut (Uniga)

HARIANGARUTNEWS.COM – PKKMB. Siapa sih yang enggak tahu PKKMB? Kayaknya setiap maba di setiap universitas udah familiar dengan kalimat PKKMB. Rasanya masih enggak nyangka tiba-tiba jadi maba setelah 3 tahun SMK yang dimana 1 setengah tahun belajar di rumah, 1 setengah tahun belajar di sekolah, sangat menikmati setiap rangkaian kegiatan mulai dari hari pertama yang dimana 1 universitas dari berbagai fakultas berkumpul di tempat yang sama.

Di lanjut hari ke 2 yang dimana PKKMB di masing-masing fakultas dan di isi oleh pemateri yang luar biasa mulai dari staf, dosen dan juga dekan. Disini adalah kesempatan yang cukup bagus untuk bisa di kenal teman seangkatan, kating ataupun dosen, karena disini adalah kesempatan untuk memperkenalkan diri kita yaitu dengan cara bertanya ke setiap pemateri, di sini juga siapa sih yang gak akan kenal kita yang dimana kita sering bertanya dan sering memperkenalkan diri.

Kayaknya hari terakhir PKKMB adalah hari paling berkesan, karena hari terakhir itu personal branding saya berhasil yang dimana di kenal oleh teman seangkatan, panitia PKKMB dan juga kating. Senang sekali rasanya ketika bisa di kenal oleh banyak orang yang kalo ketemu selalu menyapa, contohnya seperti hai ujang dan yang lainnya, sangat bangga juga ketika di percaya menjadi maba terbaik karena target untuk mendapatkan nama tersebut telah berhasil di capai.

HARI PERTAMA KULIAH
Senin pagi adalah hari pertama masuk kuliah, pertama kalinya masuk kelas yang sangat ramai dengan ruangan yang sedikit dingin karena AC, masuklah dosen pertama yang sangat ramah dan begitu baik, tapi disini tiba-tiba saya di tunjuk atau kepilih menjadi ketua kelas.
Ngomong-ngomong tentang ketua kelas rasanya cukup bosan karena dari zaman SD sampai SMK selalu menjadi ketua kelas, tapi ini adalah sebuah kepercayaan dari teman sekelas ataupun dosen, bangga rasanya ketika bisa di percaya olah orang banyak apalagi orang-orang terdekat, hari pertama kuliah rasanya lumayan cukup lelah karena ada 3 matkul mulai dari pagi sampi sore hari di tambah lagi technical meeting untuk persiapan PBN.

Lanjut hari ke 2 masuk kelas dan juga persiapan PBN, di hari ke 2 ini tidak terlalu padat karena hanya 2 matkul jadi bisa pulang lebih cepat untuk persiapan PBN besok hari.

PBN (Pendidikan Bela Negara)
Bagi mahasiswa Uniga kata PBN agaknya sudah familiar, karena PBN ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi seluruh mahasiswa Uniga, jadi siapapun orangnya wajib mengikutinya karena ini juga salah satu persyaratan kelulusan di akhir semester nanti.
PBN Pendidikan Bela Negara ini sangatlah bermanfaat sekali bagi mahasiswa karena kita di latih untuk bisa disiplin, berani, tanggung jawab, dan mental yang kuat.

Ngomong-ngomong PBN teringat di tahun 2022 atau 1 tahun ke belakang yang dimana diklat PASBARA (pasukan pengibar bendera) untuk hari jadi pramuka, kenapa teringat 1 tahun ke belakang karena di sini saya sama-sama di latih untuk bisa menjadi pemimpin yang lebih baik.

Jadi itu teman-teman yang dapat saya rasakan sekali sebagai maba. Sayang beribu sayang, beberapa hal di atas, seperti bisa di kenal oleh banyak orang, hingga ke pilih menjadi ketua kelas tidak akan terjadi ketika kondisi pandemic masih berlangsung.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *