Merawat “Kaulinan Lembur”, Portina Garut Berjaya di Festival Olahraga Rekreasi Provinsi Jawa Barat

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jawa Barat, Asep Sukmana, membuka secara resmi ajang Festival Olahraga Rekreasi Provinsi Jawa Barat (Forprov) IV Tahun 2022 untuk rumpun Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang.

Event tersebut diikuti oleh 1.700  peserta dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 11-12 Juni 2022 di area IPP Kabupaten Sumedang, selaku tuan rumah penyelenggaraan.

Event olahraga tersebut mempertandingkan 11 Cabang Olahraga (Cabor) yaitu, Hadang, Terompah Panjang, Lari Balok, Ketepel, Sumpitan, Layangan, Panahan, induk olahraga AKTI, BKI, INATKF dan ASTA.

Ketua Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kabupaten Garut, Fitra Prawira SA S Pd mengatakan, Portina Sebagai Rumpun OTKB yang tergabung di KORMI, sangat mengapresiasi kegiatan Forprov IV Tahun 2022. Dimana, kata Fitra, Garut dapat ikut berpartisipasi mengirimkan atlet terbaiknya hasil seleksi di tingkat kabupaten dan berhasil menyabet Juara 1 pada Cabor kategori Beregu Putri Egrang dan Juara 3 Kategori Beregu Campuran Ketapel di Forprov IV Jawa Barat 2022.

“Dengan begitu, saya sebagai Ketua Portina Kabupaten Garut berharap adanya perhatian dari pemerintah terhadap atlet-atlet olahraga tradisional yang berprestasi, dan mudah-mudahan juga dapat menjadi motivasi terhadap warga masyarakat di Kabupaten Garut bahwa olahraga tradisional bisa menjadi ajang Prestasi,” papar Fitra.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dispora dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Garut yang telah memberikan dukungan moral maupun moril, sehingga pihaknya bisa menjalani proses latihan hingga pertandingan tanpa adanya permasalahan yang berarti.

“Tak lupa Kami Juga berterimakasih kepada SP3OR (Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olahraga) baik kabupaten maupun provinsi yang telah memberikan arahan dan masukan selama proses latihan,” ucapnya.

Target ke depan, imbuh Fitra, Portina Kabupaten Garut akan mewujudkan program pemerintah yakni menuju Indonesia bugar pada tahun 2045 nanti.

“Mudah-mudahan ke depan acara seperti ini bisa terus dilaksanakan baik tingkat kecamatan dan kabupaten dengan melibatkan seluruh pihak untuk aktif di dalamnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *