Korwil Pendidikan dan Pemdes Cibodas Cikajang Garut, Gerakan Reboisasi Tanam Ratusan Pohon

SEPUTAR GARUT1,817 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Korwil Pendidikan Cikajang bersama Pemerintah Desa Cibodas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, gelar reboisasi penanaman ratusan pohon di Gunung Batu Curug Rohmat, kampung Ngamplang, Desa Cibodas, Sabtu (01/02). Hadir dalam acara Camat Cikajang Undang Saripudin S Sos M Si, Korwil Pendidikan Otang Saepuloh S IP MM, Kepala Desa Cibodas Aip SHi, Kepala Sekolah beserta guru SMPN 2 Cikajang, mewakili Koramil 1116 Cikajang Baminkomsos dan Babinsa, Pramuka SDN Cibodas dan SMPN 2, Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP), anggota BPD, Sekretaris Kwarran Dedi Supriatna S Pd, KM Banyuasih dan warga masyarakat.

Kepala Desa Cibodas Aip S Hi, usai kegiatan mengatakan, kendati pun diguyur hujan dan menempuh perjalanan 14 Kilometer, kegiatan bisa dilaksanakan sampai selesai.

“Alhamdulillah, kami telah melaksanakan reboisasi penanaman hutan kembali dan berjalan lancar, semuanya bisa kembali dalam keadan sehat walafiat. Mudah-mudahan harapan kami masyarakat kedepan bisa mengurus seutuhnaya apa yang menjadi cita-cita kita semua, bahwa nanti kedepannya kita bisa melihat gunung kita akan hijau kembai,” ujar Aip.

Sementara, Korwil Pendidikan Cikajang Otang Saepulloh S IP MM, pihaknya sengaja melibatkan anak didik supaya bisa menanamkan cinta lingkungan sejak dini. m

“Mudah-mudahan dengan adaya gerakan reboisasi menanami kembali hutan yang sudah gundul, bisa menjadi ngamplang menjadi (ngemplang lagi) sejarah dulu tahun 80 ham ngamplang ituh (ngemplang) air banyak,” tutur Otang.

Otang mengaku, sekarang ini sudah alih pungsi ke sayuran kemungkinan bisa mengurangi sumber air. Tapi dengan adanya gerakan ini semua sinergi dari unsur Forkopimcam, desa dan seluruh warga masyarakat, bisa membangkitkan lagi cinta lingkungan terutama untuk menghadapi musim kemarau, hutan sudah hijau kembali.

“InsyaAllah, air akan cukup lagi mudah-mudahan warga masyarakat bisa mengerti, merasakan tentang perlunya ekosistem lebih baik lagi dilingkungan masing masing,” pungkasnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *