Dosen Faperta Uniga Berbagi Ilmu kepada Pengrajin Tahu

HARIANGARUTNEWS.COM – Kiprah dosen tidak hanya terpaku di perkuliahan semata. Universitas Garut (Uniga) memiliki program yang mendorong para dosennya terjun ke masyarakat bernama Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Seperti halnya yang dilaksanakan Fakultas Pertanian (Faperta) Uniga saat memberikan pelatihan penglolaan usaha dan pengolahan tahu yang baik (Good Manufacturing Practices/GMP) pada pengrajin tahu di Desa Suci Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, baru-baru ini.

Hampir dua pekan, tim yang diketuai Vela Rostwentivaivi, S.E., M.Si itu melatih pengrajin tahu mulai dari penataan sarana prasarana, cara pengolahan hingga manajemen. Tim terdiri dari Dosen Program Studi Agribisnis dan Program Studi Ilmu Teknologi Pangan Faperta Uniga.

Dijelaskan Vela Rostwentivaivi, S.E., M.Si, kegiatan dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Pertama, identifikasi proses produksi tahu sebelum program dilaksanakan. Kedua, sosialisasi program dan kegiatan kepada mitra. Ketiga, peningkatan kapasitas sarana prasarana produksi tahu disesuaikan dengan kaidah-kaidah GMP. Keempat, pelatihan dan bimbingan manajemen usaha dan pemasaran tahu. Kelima, pelatihan GMP tahu. Keenam, pendampingan dan pembinaan produksi baik secara teknis maupun manajemen.

Sebagai narasumber adalah Dr. Tintin Febrianti, S.P., M.P (materi manajemen usaha), Ati Attul Quddus S.Pt.,M.Si, dan Atia Fizriani, S.TP., M.Sc (materi GMP). (Bulan Tresyana)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *