Kader AMPL di Garut Tingkatkan Kapasitas Program Pamsimas

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Distrik Project Management Unit (DPMU) Program Pembangunan Infrastruktur Permukiman, gelar Pelatihan kader Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) bagi desa lama, penerima program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), tanggal 24 sampai 26 Juli 2019, di Hotel Augusta Cipanas Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Hadir Distric Consultan Garut Lia Widya Heryani, Ketua Asosiasi BPSPAMS Jawa Barat Agus Kusnadi dan para peserta pelatihan, pengelola BPSPAMS/KPSPAMS dari masing-masing desa PAMSIMAS.

Kader AMPL Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Alis Liswati mengatakan, materi yang disampaikan terkait peningkatkan kapasitas kader AMPL berkaitan, dengan pemahaman, pengetahuan dalam mengawal pasca program PAMSIMAS di kabupaten Garut.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali, saya bisa faham bagaimana pengelolaan Pamsimas khususnya di desa saya,” ujar Alis.

Alis juga menambahkan, materi yang disampaikan diantaranya dalam hal pembangunan, air minum dan sanitasi perdesaan berbasis masyarakat, analisa untuk masyarakat rentan dengan Pamsimas, persiapan dan perencanaan kegiatan tingkat masyarakat, Integrasi Program Jangka Menengah (PJM) Proaksi, Rencana Kerja Masyarakar (RKM) kedalam Rencana PJM dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDES).

“Ini bisa menambah pemahaman, pengetahuan dan keterampilan, agar Dapat memfalitasi masyarakat, Dalam proses dan perencanaan program berkelanjutan,” pungkasnya.

Sementara Ketua KPSPAMS Desa Karyamukti Wahyudin menjelaskan, pasca Program Pamsimas dilaksanakan, masyarakat pengguna air yang bisa terlayani terus bertambah, dan untuk hal ini perlu management yang bagus dalam pengelolaannya.

“Alhamdulillah, sudah lebih dari seratus yang terlayani, mudah-mudahan pengelolaan ini bisa berjalan lancar, terlebih kader AMPL telah menerima materi dari DPMU, ini bisa diaplikasikan dilapangan,” terang Wahyu Kepada media. (Enjang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *