Pabrik Berdiri, Masyarakat Kelimpungan Air Bersih

HARIANGARUTNEWS.COM – Masyarakat Cijolang, Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih. Padahal sebelum adanya pendirian pabrik jika musim kemarau tidak sesulit setelah adanya pendirian pabrik sepatu milik pengusaha asal Korea.

“Sekarang sangat sulit untuk mendapatkan air bersih, kami bersama masyarakat lainnya kerap mencari air bersih ke daerah Cisaat yang jaraknya 1 Km,” ujar salah seorang warga Cijolang, Ujang, Rabu (24/7/2019).

Dikatakan Ujang, sulitnya air bersih disebabkan beberapa titik mata air hilang setelah adanya proses pengurugan untuk bangunan pabrik. Kalaupun air ada kondisinya kotor serta kerap berlumpur.

“Belum ada suplai air bersih yang diberikan oleh pemerintah. Padahal kondisi masyarakat sangat membutuhkan, untuk kebutuhan mandi, cuci dan kakus,” ucapnya.

Sementara warga lainnya, Rina, berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut segera menyuplai air bersih ke wilayah yang berdekatan dengan pendirian pabrik.

“Waktu ada kunjungan dari Pemkab Garut, bilangnya resapan air akan di pindahkan, bahkan langsung mengintruksikan pihak pengusaha untuk membuatkan sumur artesis. Sampai sekarang tidak ada,” katanya.

Rina mengaku, sejak adanya pendirian pabrik kondisi masyarakat sangat memperihatinkan, terutama kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sebelum musim kemarau juga, air bersih sudah sulit. Kami membutuhkan air bersih,” singkatnya. (Daus)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *