410 Siswa-Siswi SMPN 1 Garut Ikuti Perjusami 2023, Mabigus Apresiasi Kekompakan Guru dan Komite

MIMBAR EDUKASI2,506 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Gugus Depan (Gudep) 01-161/01-162, Pangkalan SMPN 1 Garut, gelar Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami) di lingkungan sekolah setempat, di Jalan A. Yani, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Kegiatan dilaksanakan pada Jum’at-Sabtu-Minggu (15-16-17/12/2023) dan diikuti 410 siswa Kelas VII.

Pantauan hariangarutnews.com, pra pembukaan seluruh siswa menunaikan ibadah Shalat Ashar berjamaah di Mesjid Al-Ihsan SMPN 1 Garut. Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan di lapangan olahraga.

Mabigus SMPN 1 Garut, R. Yusup Satria Gautama M Pd, secara resmi membuka Perjusami pada Jumat (15/12/2023). Dalam kesempatan tersebut, turut menyaksikan pembukaan, Ketua Komite SMPN 1 Garut, Rd. Aas Kosasih S Ag, M Si dan anggota, seluruh pendidik/kakak-kakak pembina, serta para tenaga kependidikan.

Melihat kekompakan seluruh guru dan hadirnya ketua komite dalam pelaksanaan Perjusami, membuat Mabigus SMPN 1 Garut merasa tenang, karena dirinya merasa tidak berjalan sendiri dalam menjalankan tugasnya, yang baru berjalan kurang dari sebulan memimpin sekolah.

“Saya apresiasi, terima kasihnya kepada semua, khususnya pada siswa perempuan dapat bertahan panas dan tetap bagus dalam barisannya. Ingat Perjusami ini pembentukan karakter yang masuk dalam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Untuk itu, lakukan dengan disiplin serta penuh rasa tanggungjawab, dan ikuti semua arahan dari seluruh pembina,” ucapnya.

Yusup Satria mencontohkan, dalam pelaksanaan upacara harus disiplin jangan ada oknum yang masih ngobrol.

“Kalau tidak ditegur nanti dosa, karena di sini adalah pembentukan karakter. Jadi dalam kegiatan ini, karakter dan sikap yang menjadi nomor satunya,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai motivasi Yusup juga mengungkapkan salah seorang guru, Hj Suhartini M Pd, yang sebentar lagi menjelang pensiun karena usianya yang sudah 59 tahun namun masih tetap semangat, tetap memberikan contoh yang baik. Menurutnya, sosok Hj. Suhartini ini patut dicontoh oleh semua, baik siswa maupun seluruh guru terutama yang masih muda-muda.

Di tempat yang sama, Ketua Komite SMPN 1 Garut, Rd. Aas Kosasih merasa bangga karena dengan Pramuka inilah karakteristik anak-anak bangsa mulai digembleng untuk menunjukkan jati dirinya di masa-masa yang akan datang. Menurutnya, kegiatan kepramukaan sangat penting sekali guna menunjukkan kepanduan daripada pemimpin bangsa dulu sampai sekarang. Karena kebersamaan dan kemandirian merupakan kunci sukses untuk masa sekarang maupun yang akan datang.

“Mudah-mudahan hal ini bisa terasa dan dirasakan oleh anak-anak didik khususnya SMP 1 Garut, kemanfaatannya untuk kemajuan Kabupaten Garut di masa yang akan datang,” harapnya.

Sementara, Ketua Kwarran Garut Kota, Drs H Agus WF M Pd, memberikan apresiasi gelar kegiatan Perjusami di SMPN 1 Garut. Atas nama Kwarran Garut Kota, Agus menyambutnya penuh bahagia dan bangga. Menurutnya, kegiatan kepramukaan tersebut sangat selaras dengan kurikulum merdeka khususnya pembentukan profil pelajar Pancasila, karena dalam kepramukaan ini anak-anak di bentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

“Kepribadian anak yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun negara, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup,” katanya.

Pengelolaan pelaksanaan Perjusami tersebut sepenuhnya dikelola komite sekolah, baik menyiapkan kebutuhan makan dan minum peserta dengan catering dan lain-lainnya. Selain itu, pelaksanaan Perjusami dilaksanakan di lingkungan sekolah, juga sesuai dengan arahan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *