Menata Lingkungan Bersih dan Sehat, Lurah Ciwalen Garut Kota Pimpin Langsung Gerakan Pembersihan Sampah di Sungai Cikendi

GARUT KOTA1,427 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dipimpin langsung Lurah Ciwalen, Cecep Nurdiansah SE M Si, Warga2 dan 03 Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, lakukan gerakan pembersihan sampah di aliran Sungai Cikendi. Hadir juga dalam kesempatan tersebut unsur tiga pilar kelurahan.

Ketua RW setempat, Usep, menyampaikan, gerakan pembersihan dilakukan karena penumpukan sampah di aliran sungai tersebut sangat parah.

“Sampah disini dari rumah tangga, sterofom dan bahkan puing-puing atau batang kayu, ban bekas dan baju bekas yang dengan sengaja dibuang ke sungai,” ujar Usep.

Terpisah, Lurah Ciwalen, Cecep Nurdiansah, saat ditemui di ruang kerjanya menuturkan, permasalahan sampah di Ciwalen tergolong klasik, mulai dari penumpukan di aliran sungai akibat warga membuang sembarang, juga sampah-sampah yang bertumpuk di lingkungan pemukiman dan jalan protokol.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kekompakan warga dan semua yang terlibat, kemarin yang di Sungai Cikendi, berkat kerjasama warga masyarakat dan semua elemen, penumpukan sampah di sungai ini bisa dibersihkan. Ini untuk antisipasi di musim penghujan nanti, jangan sampai volume air meningkat, terhalang tumpukan sampah, yang akhirnya menyebabkan banjir,” tutur Cecep, Rabu (11/10/2023).

Lebih lanjut disampaikan Cecep, ia juga tengah membenahi tempat bak penyimpanan sampah sementara yang biasa diangkut oleh mobil Dinas Lingkungan Hidup. Ada beberapa titik penyimpanan, seperti di depan SMP 5, Jalan Ciwalen dengan jembatan dan dekat lokasi Makam Talun.

“Yang di jembatan gantung sudah dipindahkan posisinya termasuk yang di SMP 5. Tinggal mungkin yang di dekat Garut Plaza dan Makam Talun, masih jadi PR buat pembenahan kedepan. Alhamdulillah, kita terus fokus menangani masalah sampah ini, agar lingkungan Ciwalen khususnya, terbebas dari membuang sampah sembarangan,” papar Cecep.

Cecep juga mengingatkan kepada warganya, agar tidak lagi membuang sampah sembarangan dimana saja, karena akan berdampak tidak baik kedepannya. Ia juga kerap mendapatkan laporan, banyak warga luar Ciwalen, membuang sampah ke wilayahnya.

“Saling mengingatkan juga sesama warga. Dan kepada siapapun, mari kita jaga lingkungan kita untuk kenyamanan bersama. Karena saya juga kerap mendapat laporan, warga dari luar lingkungan Ciwalen, membuang sampah di Ciwalen. Sekali lagi saya mengajak kepada semuanya, mari kita bersama-sama memelihara lingkungan kita agar terbebas dari sampah,” pungkas Cecep.

Hasil kerja bakti warga, puluhan kubik sampah mulai sampah rumah tangga, puing-puing batang kayu dan lainnya yang ada di aliran Sungai Cikendi langsung diangkut oleh mobil dinas lingkungan hidup ke tempat pembuangan sampah akhir. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *