Sekda Garut : Korban Bencana Longsor di Kecamatan Samarang Sudah Kami Tangani 

FOKUS323 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pasca kejadian bencana longsor yang berdampak pada 2 desa di Kecamatan Samarang, pada Sabtu (06/05/2023). Pemerintah Kabupaten Garut menetapkan darurat bencana. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Drs H Nurdin Yana MH, di komplek Setda, Senin (08/05/2023).

“Samarang itu kemarin kita sudah pernyataan darurat bencana, yang mengisarahkan di situ ada beberapa penjajakan, dan hari ini kita sudah lakukan treatmen. Artinya, kepada orang-orang yang terkena bencana, kita sudah bantu. Baik dinas perkim yang menyediakan bahan bangunan, maupun BPBD yang memberikan bantuan untuk logistik, ini sudah diberikan,” jelas Nurdin Yana.

Kemudian, lanjut Sekda, ada satu rumah, satu sarana umum yakni satu sarana tempat ibadah yang saat ini belum bisa dilakukan treatmen karena menunggu hasil kajian BMKG.

“Apakah itu layak atau tidak. Kalau dari sisi survivel, itu tidak layak untuk dijadikan penempatan di situ,” kata Nurdin Yana.

Sekda Nurdin Yana menyebutkan, untuk uji kelayakan tersebut akan dilakukan oleh BMKG yang nantinya akan disampaikan kepada Pemkab Garut melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Nurdin Yana juga mengatakan, tidak ada korban jiwa dan pengungsian dalam musibah bencana di Samarang, dan para korban saat ini ditempatkan di rumah saudara atau kerabat dekat. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *