Meriahkan Peringatan HKN Ke-58, Bidan dari Puskesmas Wanaraja Garut Ini Siap Tampil di Final Sweet Memory Nakes

FOKUS912 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Setiap tahunnya, tema Hari Kesehatan Nasional berbeda-beda, dengan rangkaian kegiatan yang beragam.

Tahun sebelumnya, tema Hari Kesehatan Nasional mengajak semua pihak untuk memerangi pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan virus Corona belum punah dan masih memiliki resiko penularan.

Berbeda dengan tahun 2022, tema Hari Kesehatan Nasional adalah “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”, menggambarkan semangat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif.

Dalam kesempatan ini, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut menggelar berbagai lomba antar Puskesmas seperti lomba Singing Sweet Memory Lagu Kenangan Pop dan Dangdut, Lomba Video bertema Kesehatan, Senam Germas, Bulu Tangkis, Bola Volly dan lainnya.

Diantara lomba yang digelar dalam peringatan HUT HKN yang Ke-58 tersebut, Panitia Pelaksana sudah mengumumkan hasil audisi Sweet Memory Nakes dan Kapus yang berada di wilayah Korwil Garut Timur yakni UPT Puskesmas Karang Tengah, Sukawening, Cimaragas, Wanajara, Karangpawitan, dan Sukamukti.

Salah seorang peserta dari UPT Puskesmas Wanaraja yang lolos menjadi juara 2 setelah menyisihkan saingan-saingannya dari Puskesmas lain dalam audisi lomba Singing Sweet Memory Nakes Se-Garut Timur, Riana Martha Nurcahya, mengaku senang dengan lomba yang digelar oleh Dinkes Garut tersebut.

“Dengan digelarnya lomba seperti pertandingan olahraga dan lomba olah vocal oleh Dinkes Garut dalam rangka memeriahkan HKN tentunya saya berharap kegiatan tersebut dapat mempererat tali silaturahim dan mempersatukan persaudaraan antar nakes dan insan kesehatan,” ungkap Riana yang bertugas sebagai Bidan Desa Sindang Ratu Kecamatan Wanarja.

Riana mengatakan, dirinya merasa bersyukur setelah menyabet juara 2 dalam babak penyisihan Lomba Singing Sweet Memory Nakes. Dalam audisi ini, staf Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Wanaraja ini membawakan lagu Pria Idaman dengan raihan nilai 715 di kelas karyawan.

“Alhamdulilah tidak ada kendala pada persiapan dan saat lomba, tetapi perlu adanya kontrol diri untuk tetap yakin dan percaya diri, dan hasilnya Alhamdulilah senang dan saya sangat bersyukur. Mudah-mudahan pada final hari Sabtu 5 November besok saya meraih juara 1, mohon doa dan dukungannya,” ujar istri dari pengusaha Raja Bolu Mamang Hebat “MangHe” tersebut.

Selain itu, tambah Riana, semoga kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan dalam rangka peringatan HKN ini mendorong penguatan Fasyankes dalam upaya kesehatan promotive dan preventif, sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru, pungkasnya.

Terpisah, sementara Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman berharap, peringatan HKN Ke-58 ini harus dijadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi dan memberikan aspirasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut.

“Sehingga terwujud masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat serta mau menerapkan Gerakan Hidup Sehat pada pasca pandemi Covid-19 ditatanan keluarga, institusi pendidikan, institusi pelayanan kesehatan, tempat-tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya,” tandas Wabup Helmi. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *