Pj. Bupati Garut Dorong Kreativitas Guru dan Siswa TK Melalui Gebyar Prestasi

FOKUS640 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pj. Bupati Garut, Barnas Adjidin, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Ade Manadin, secara resmi membuka acara Gebyar Prestasi Siswa dan Guru Taman Kanak-Kanak Kabupaten Garut yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Garut di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, pada Senin (29/04/2024).

Acara ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) IGTKI-PGRI Kabupaten Garut yang ke-74, Peringatan Hari Kartini ke-145, Peringatan Hari Pendidikan, dan Peringatan Hari Jadi Garut ke-211 yang mengusung tema “Generasi Kreatif Inovatif dengan Semangat Merdeka Belajar”.

Acara yang digelar selama dua hari in diikuti oleh guru-guru dan siswa dari 40 kecamatan di Kabupaten Garut, dengan jumlah peserta siswa 725 orang dan guru 280 orang.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Garut menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada guru-guru TK dengan menggelar beberapa perlombaan. Menurutnya, kebahagiaan guru TK juga mempengaruhi perkembangan anak-anak TK.

“Ternyata anak-anak ini bisa berkembang kalau Gurunya juga bahagia, oleh karena itu tadi ada perlombaan-perlombaan Guru tentu ini sangat men-support bagi pengembangan anak-anak TK khususnya,” ucap Pj Bupati Garut.

Barnas menekankan pentingnya pendidikan sebagai pondasi pembangunan negara, dimulai sejak dini untuk anak-anak TK, sehingga nantinya dapat menjadi manusia-manusia yang berguna.

“Maka pendidikan TK ini harus mendapat perhatian, baik itu dari segi kualitas Gurunya, lalu kemudian bantuan-bantuannya, dan lain sebagainya, sehingga bisa berjalan sebagaimana kita harapkan,” kata Barnas.

Ketua IGTKI-PGRI Kabupaten Garut, Tati Nurbaeti, menegaskan bahwa kegiatan Gebyar Prestasi bagi Siswa dan Guru TK telah menjadi agenda rutin setiap tahun.

Ia juga menekankan pentingnya peran guru TK dalam melahirkan generasi yang kreatif dan inovatif, siap menghadapi tantangan masa depan.

“Karena tidak mungkin bisa menghasilkan peserta didik yang kreatif, inovatif, tanpa dilahirkan dari guru-guru, mitra kerja dari keluarganya dari rumah, adalah guru-guru taman kanak-kanak insha Allah akan berkesinambungan,” ucapnya.

Ia berharap, kerja nyata para guru TK senantiasa bisa membuahkan hasil dalam mempersiapkan generasi emas sebagai penerus masa depan bangsa.

“Dengan kegiatan-kegiatan ini kita melatih anak mandiri, percaya diri, serta memiliki nilai kompetitif serta siap untuk hidup di masa depan, di masa yang akan datang yang penuh dengan tantangan,” tandasnya.

Beragam perlombaan diadakan baik untuk guru maupun siswa, diantaranya yaitu Lomba MC, Lomba Alat Peraga Pembelajaran, Lomba Nyanyi Solo, Lomba Duet, dan Lomba Vokal Group. Sementara untuk lomba anak-anak diantaranya yaitu, Lomba Melengkapi Gambar dan Mewarnai, Lomba Sholawat, Lomba Nyanyi Solo, Lomba Lompat Simpay, dan Lomba Lari Melemparkan Bola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *