Capai 15 Ribu Angka Stunting di Garut, Ini Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan

FOKUS796 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Angka Stunting mencapai 15 ribu setelah dilakukan observasi di Kabupaten Garut. Angka ini diketahui cukup kecil dari angka daerah lain yang ada di Provinsi Jawa Barat. Stunting di Kabupaten Garut terdampak di beberapa daerah, terutama di wilayah perkotaan yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi.

“Yang trend itu di kota terutama yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi dan ada sepuluh lokus,” ucap Kepala Dinas Kabupaten Garut, Maskut Farid MM, kepada hariangarutnews.com, Senin (18/07/2022).

Maskut Farid menjelaskan, angka Stunting di Garut memang cukup tinggi, tetapi setelah dicek dilapangan tidak setinggi itu, tidak berdasarkan random tetapi langsung semuanya sekitar 15 ribu, dan angka itu sangat rendah dibanding dengan yang ada di Jawa Barat.

Masih kata Maskut, faktor yang mendukung pertumbuhan angka Stunting di Garut sendiri banyak, seperti faktor ekonomi, pendidikan, lingkungan dan kesehatan.

“Untuk faktor Stunting itu banyak seperti ekonomi, pendidikan, lingkungan dan kesehatan itu semua sangat berpengaruh, boleh dikatakan stunting ini menjadi barometer kesetaraan kesejahteraan masyarakat di daerah,” ujarnya.

Maskut menyampaikan pesan kepada masyakat terkhusus bagi perempuan, untuk mejaga kesehatanya agar tidak berdampak pada kelahiran anak yang sedang dikandung.

“Untuk menjaga kesehatan kelahiran anaknya, yang pertama kita harus sehat tidak kekurangan darah dan juga waktu hamil harus sehat, kedua melahirkan harus ditempatkan yang layak tidak di paraji. Dan waktu melahirkan ada masa nifas anak usia 0 sampai 2 tahun harus mendapatkan perhatian ekstra dan harus mengikuti program bagi program-program Dinas Kesehatan,” pungkasnya. (Ramdan Salim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *