Fenomena Gadai Kartu Bansos Jadi Biang Masalah, Bupati Garut : Kita Akan Turun Bersama TKSK dan Pendamping PKH

FOKUS, GARUT KOTA3,402 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ramainya Kartu Bantuan Sosial (Bansos) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) digadaikan ke rentenir. Bupati Garut Rudy Gunawan saat dikonfirmasi mengaku sudah mengetahui hal tersebut dari beberapa tahun sebelumnya.

“Kami sudah tahu ada beberapa kartu sudah ada di seseorang, di rentenir. Saya sudah marah ini terjadi sejak 2016, 2017, 2018. Malahan saya pernah menyampaikan bahwa ini sudah banyak yang diiming-imingi, diambil ATM-nya atau dengan cara bagaimana itu dijadikan jaminan, itu (kartu bansos) digadaikan,” ujar Rudy, di Command Center Garut, Senin (18/04/2022).

Rudy menyebutkan, kejadian ini sifatnya pribadi dan tertutup (KPM dan Rentenir), maka kata Rudy, mekanisme penyaluran bantuan harus langsung melalui PT Pos untuk menghindari upanya penyelewengan bantuan.

“Sekarang kejadian di Pasirwangi itu, karena (kartu) sudah digadaikan. BPNT-nya banyak yang sudah digadaikan,” ucap Rudy.

Rudy kembali menegaskan, bahwa gadai kartu bansos baik BPNT, PKH dan jenis bantuan sosial tidak boleh dilakukan. Pemkab Garut akan lakukan langkah-langkah dengan tim di lapangan, bersama TKSK, Koordinator PKH, melakukan pembinaan kepada para KPM dan juga pemberantasan para rentenir. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *