Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Garut Buka Seleksi Pasbara 14, Helmi : Jadilah Garda Terdepan dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Positif

FOKUS779 views

HARIANGARUTNEWS.COM -Banyak cara positif untuk turut berdedikasi bagi bangsa dan negara. Di antaranya melalui Pasukan Pengibar Bendera dan aktif sebagai Pramuka.

Disela-sela kegiatan Pembukaan Seleksi Pasbara 14 di SOR Ciateul, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman, berpesan bahwa gerakan Pramuka harus menjadi garda terdepan dengan menyampaikan pesan positif, membangkitkan optimisme, dan menyerukan hal-hal positif kepada masyarakat.

“Diharapkan gerakan Pramuka sebagai pelopor dan berperan besar bagi pengembangan generasi muda untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan tangguh. Gerakan Pramuka Kabupaten Garut terus bersinergi dalam berbagai kegiatan,” ungkap Helmi Budiman kepada hariangarutnews melalui sambungan seluler, Sabtu (04/05/2024).

Menurut dia, Pramuka mengedepankan sikap saling menghargai dan saling membantu sesama. Terbukti, kiprah yang telah ditunjukkan Pramuka. Pasbara 14, kata Helmi, bukan hanya bertugas mengibarkan bendera, tetapi juga menjalankan tugas-tugas kenegaraan. Pendidikan dan pelatihan (diklat)-nya pun tidak hanya untuk kepentingan baris-berbaris, melainkan juga penguatan untuk sisi kepemimpinan, kewirausahaan, karakter, sportivitas, serta mengutamakan orang lain.

“Sebagaimana adik-adik telah terlibat diberbagai kegiatan kemanusiaan, Pramuka adalah generasi muda untuk kemajuan bangsa. Jadilah Pasbara 14 garda terdepan dalam menyampaikan pesan-pesan positif kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, yang turut hadir dalam acara tersebut mengamanatkan agar Pramuka mengedepankan gerakan kedisiplinan dan kepedulian. Dia berharap lewat kegiatan Pramuka, dapat mencetak generasi tangguh. Tangguh dalam menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, dan tidak gentar dalam menghadapi rintangan.

“Demikian juga Pasbara 14, merupakan kegiatan positif untuk membangun karakter anak-anak muda Indonesia. Mendahulukan kepentingan bersama harus menjadi kesadaran kolektif yang sekaligus terimplementasi di dalam berbagai aktivitas, termasuk dalam aktivitas baris-berbaris, nilai-nilai itu harus muncul. Dispora mendukung penuh dalam hal ini,” tandas Ade Hendarsyah.

Seleksi Calon Pasbara 14 ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 4-5 Mei 2024. Dalam kegiatan yang diikuti oleh 606 peserta terdiri dari 337 peserta pengibar dan 269 peserta ini akan diuji mulai dari postur, fisik, vokal dan baris-berbaris. Adapun peserta pada kegiatan seleksi ini berasal dari golongan siaga, penggalang, penegak dan pandega. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *