Hadiri Rapat Persiapan HUT Ke-9 Harian Garut News, Ini yang Disampaikan Wakil Bupati Garut

FOKUS753 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, menghadiri acara Rapat Persiapan Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9 Media cetak dan Online Harian Garut News sekaligus Buka Bersama di Komplek Villa Lembah Asri Blok C No. 17 Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu (16/04/2022).

Dalam arahannya, Helmi menyampaikan, selain menginformasikan berbagai peristiwa (to inform), menghibur orang banyak (to entertaint), dan melakukan pengawasan sosial (social control), imbuh Wabup, wartawan juga harus mendidik publik (to educate). Misalnya, kata Wabup, tentang pengertian Wakaf. Wakaf bermanfaat luas bagi kesejahteraan umat, karena wakaf bukan sekadar sedekah biasa. Namun, wakaf belum berjalan dengan efektif. Salah satunya karena tingkat literasi, minimnya pemberitaan dan pemahaman masyarakat soal wakaf masih rendah.

“Isu perwakafan yang beredar di media cenderung monoton dan belum mengangkat isu-isu yang menarik. Kondisi ini menjadi tantangan untuk awak media Harian Garut News yang akan menginjak usianya yang ke sembilan. Konten wakaf masih kurang unik sehingga belum mampu memancing ketertarikan pembaca. Konten hanya seputar pengertian, syarat penerima, jenis wakaf dan informasi umum,” ungkap Wakil Bupati Garut.

Menurut Helmi Budiman, isu wakaf perlu diangkat karena berperan sebagai sarana ibadah, mewujudkan kesejahteraan sosial, dan mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Namun, cara pemberitaannya harus berbeda dengan mengambil angle yang menarik. Wabup menyarankan bagi pemangku kepentingan perwakafan untuk menunjukkan bukti nyata manfaat wakaf dan perannya dalam mensejahterakan masyarakat.

“Pemberitaan wakaf tidak terpaku pada informasi yang mengulang. Cara media memperkuat literasi wakaf, yakni memberitakan peristiwa seputar penerima dan pemberi wakaf, memperbanyak variasi konten, dan berperan dalam penggalangan dana wakaf. Kasus-kasus penting dari wakaf dibuat liputan khusus akan lebih menarik. Misalnya seseorang memberikan wakaf tanah untuk dijadikan lahan usaha selama lima tahun. Setelah berhasil, tanah tersebut bisa diambil kembali, dan penerima wakaf bisa menjalankan usahanya dengan hasil usaha selama lima tahun tersebut,” pungkasnya.

Dalam waktu bersamaan, Pimpinan Umum Harian Garut News, Tata Ansorie mengatakan, Rangkaian HUT Ke- 9 Harian Garut News akan diawali pada bulan Ramadhan 1443 Hijriyah ini dengan kegiatan Gerakan Bhakti Sosial Pembagian Wakaf Al-Quran kepada Pondok Pesantren dan Madrasah yang ada di Kabupaten Garut.

“Seperti yang disampaikan pak Wabup tadi, media juga bisa ikut berwakaf dengan berita. Ketika seseorang membaca berita dan kemudian tertarik untuk berwakaf, maka pers sudah dapat pahalanya. Tentunya ini merupakan upaya meningkatkan literasi wakaf melalui media, dan kami akan mengawalinya dalam acara rangkaian HUT Ke-9 media kami dengan membagikan Al-Quran ke beberapa pondok pesantren dan madrasah,” ujar Tata Ansorie.

Tata melanjutkan, dalam rangka memeriahan HUT Ke-9 Harian Garut News pada 27 Juni 2022 mendatang, panitia HUT HGN bersama Event Organizer (EO) CV. AHF Project Indonesia akan menggelar Jalan Santai Peduli Lingkungan di Alun-alun Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota.

Acara  yang akan diikuti 5000 peserta ini, imbuh Tata, panitia akan menyediakan beragam hadiah menarik, mulai dari motor, kulkas, mesin cuci hingga hadiah hiburan seperti payung, jam dinding, kotak tissue dan lainnya.

“Mengusung tema “Jalan Santai Peduli Lingkungan”, untuk tahun ini Harian Garut News mencoba membuat kegiatan yang sifatnya bukan hanya seremonial, tetapi yang bersifat prestatif dan kemasyarakatan. HUT Ke-9 ini harus menjadi milik masyarakat Garut, bukan ulang tahunnya media. Kami juga bersama warga Garut nanti benar-benar ingin mendeklarasikan bahwa pandemi Covid-19 telah usai dan siap menjalani adaptasi kebiasaan baru dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ungkap Tata.

Rapat Persiapan Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9 Media cetak dan Online Harian Garut News tersebut diakhiri dengan tausiyah jelang Buka Bersama oleh penceramah, M. Ropi. Saat adzan maghrib berkumandang, dewan redaksi dan pimpinan media tampak berbaur buka puasa bersama dengan redaktur, wartawan, bagian marketing dan staf redaksi lainnya yang turut hadir dalam acara tersebut. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *