Pj Bupati Garut Hadiri Panen Raya Jagung dan Peresmian Vertical Dryer di Limbangan

FOKUS661 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pj. Bupati Garut Drs H. Barnas Adjidin MM, MM Pd, lakukan gunting pita peresmian Vertical Dryer sekaligus panen raya jagung di Desa Pangeureunan Kecamatan Limbangan, Kamis (02/04/2024). Kegiatan tersebut mengambil tema “Hayu Babarengan Ngaronjatkeun Produksi Jagung Garut, Dina Raraga Nagdukung Ketersediaan Pangan.

Hadir mendampingi Pj. Bupati Garut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Ir Haeruman MP, Asda 1 Bambang Hafidz, Kasatpol PP Usep Basuki Eko, mewakili Camat Limbangan, Sekmat Agus Rahmat, Kapolsek Kompol Wasino dan anggota, Danramil 1107 Kapten Kav Toto Purwanto dan anggota, Kepala UPT Pertanian Wilayah V, Iwan Kurnia SP M Si, Kepala UPT Wilayah IV, Heni Suyanti S Ag, MP, Kordinator BPP Wilayah IV Rohendi Alek, UPT Pertanian Wilayah VII Cibiuk, Kordinator BPP Cibiuk Irman Malendra dan para kepala desa.

Usai acara, Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin mengatakan, bahwa Kabupaten Garut memiliki lokasi yang strategis dan berpotensi cukup baik dalam hal pertanian khususnya jagung.

“Saya baru tahu, Kabupaten Garut ini penghasil jagung yang baik. Ini harus dipelihara karena jagung merupakan salah satu komoditas pangan,” ujar Barnas.

Lanjut disampaikannya, komoditas jagung kalau dikembangkan secara baik, ini akan luar biasa dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional, karena jagung bisa menjadi pengganti beras, baik dikonsumsi untuk asupan gizi bagi tubuh manusia.

Pj. Bupati Garut resmikan panen raya jagung.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Ir Haeruman MP, menjelaskan, dalam komoditas jagung, Desa Pangeureunan memberikan kontribusi sangat besar di tingkat Jawa Barat. Desa tersebut kata dia, menjadi sentral jagung di Provinsi Jawa Barat. Selama tahun 2023, kata Haeruman, dari 482.916 ton jagung pipilan kering, Kabupaten Garut mencapai 60% produksi jagung di Jawa Barat.

Haeruman juga menjelaskan, ada beberapa kecamatan penghasil jagung di Kabupaten Garut diantaranya, Kecamatan Limbangan di Desa Pangeureunan, Malangbong, Banyuresmi, Karangpawitan, Cikelet, Caringin dan Pakenjeng.

Ia menambahkan, sesuai laporan tahun 2024, Dinas Pertanian melalui sumber anggaran, telah memberikan berbagai fasilitas program kegiatan. Baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, Provinsi dan APBN, dalam rangka mendukung mendukung pengembangan kawasan korporasi jagung.

“Seperti halnya fasilitas bantuan benih dan sarana prosi jagung hibrida dari areal seluas 9.497 Hektare,” pungkasnya. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *