Kecewa Lambatnya Pengerjaan Jalan Oleh Pemborong, Bupati Garut : Saya Batalkan Nanti Kontraknya

FOKUS, GARUT KOTA634 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rapat koordinasi secara virtual dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Senin (04/04/2022). Bupati Garut Rudy Gunawan menyoroti kaitan lambatnya pengerjaan infrastruktur yang telah dilelangkan kepada pemborong oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Ini kan momentum, saya sudah minta ke PUPR supaya pelelangan tepat waktu. Ini sudah tepat waktu, namun ketika sudah kontrak pemborongnya itu yang lambat,” ucap Rudy, di halaman Command Center Garut, Senin (04/04/2022).

Padahal kata Rudy, dia ingin dalam momentum idul fitri, Pemkab Garut bisa menyediakan sarana infrastruktur yang baik saat idul fitri bagi para pemudik, tapi jadi terbengkalai.

“Saya juga kecewa, tadi saya tegur ULP, cobalah untuk mencari pengusaha yang benar-benar bonafit, kalau sudah ada kontrak cepat laksanakan, harus tahu juga program pemerintah daerah. Kita akhirnya terbengkalai malah jadi tambah beban, kemacetan nanti akan bertumpu,” ujar Rudy.

Menurutnya, saat ini yang terjadi adalah bukan pemborong tidak bagus tapi pemborong yang tidak memenuhi komitmen.

“Saya mau batalin nanti. Hari Kamis masih tidak, saya batalin karena momentumnya sudah hilang, karena itu kan 14 hari dan sudah lebih dari 14 hari,” tegasnya.

Para pemborong ini lanjut Rudy, apalagi yang di Garut harus tahu kalau Pemkab ingin tepat waktu.

“Misalnya jalan ke Samarang butut (jelek), kita laksanakan sekarang. Itu lumayan enam kilometer bisa mempengaruhi. Terus jalan Garut Kota juga cepat, lingkar luar Leles itu juga dari awal sampai sekarang enggak susah,” papar Rudy.

Rudy mengaku, terkait rekruitmen dan pemenang lelang oleh pemborong adalah ULP tanpa campur tangan atau keterlibatannya. Akan tetapi kelihatannya tidak sesuai harapan dan visi bupati.

“Jalan lingkar luar Leles itu akan digunakan untuk mudik, harus mulus. Sekarang ketika pekerjaannya ditengah-tengah jalan ini, kan enggak bisa digunakan jalan lingkar luar Leles, nanti akan tambah macet. Kemudian juga yang Cimanjah, disitu kan bisa cepet sebenarnya,” kata Bupati Garut. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *