Peran Protokol dan Bagian Umum Dibalik HJG Ke-209, Wakil Bupati Garut : Mereka Berikan Pelayanan Prima

FOKUS956 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sukses tidaknya penyelenggaraan acara kegiatan pemerintah sangat ditentukan oleh kepiawaian pengaturan semua unsur yang terkait atau manajemen protokol. Misal dalam suatu upacara peran protokol sangat fital, atau secara jelasnya pimpinan upacara harus sangat menguasai tentang apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana menempatkan semua unsur yang terkait dalam sebuah upacara yang dilaksanakan.

Kabag Umum Setda Kabupaten Garut bersama Kasubag Urdal dan Kasubag Perlengkapan di Pamengkang usai kegiatan peringatan HJG Ke-209.

Seperti pada Rabu (16/02/2022), persiapan upacara Peringatan Hari Jadi Garut (HJG) Ke-209 Tahun 2022 di Komplek Pendopo dan Alun-Alun Garut, sejak pagi buta Protokol dan Bagian Umum Setda Kabupaten Garut sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan upacara dan kelengkapannya. Mulai dari menyiapkan kursi tempat duduk, piala dan piagam penghargaan, konsumsi, tas undangan yang berisi kalender, majalah, snack, masker, handsaniter dan lainnya.

Para Kepala SKPD foto bersama Bupati dan Wakil Bupati Garut usai upacara peringatan HJG Ke-209 Tahun 2022.

“Selain protokol, tentu kesiapan acara yang digelar tak terlepas dari campur tangan dingin Bagian Umum. Peran protokol dan bagian umum ini sangat strategis karena tidak hanya memberikan pelayanan yang prima terhadap pegawai saja, tapi juga tamu. Jika protokoler benar-benar memberikan pelayanan prima terhadap tamu atau pihak dari luar, maka persepsi positif pun akan diberikan kepada Pemkab Garut secara keseluruhan,” ujar Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, menanggapi kesigapan para pengatur acara.

Kasubag Urdal Setda Kabupaten Garut saat menyiapkan ruang VIP area Babancong.

Helmi mengatakan, pelayanan adalah suatu usaha untuk membantu, menyiapkan, mengurus apa yang diperlukan oleh pimpinan dan tamu undangan yang bersifat berwujud maupun tidak berwujud. Sedangkan pelayanan prima, kata Wabup, merupakan terjemahan dari istilah service excellent yang secara harfiah berarti pelayanan yang sangat terbaik, karena sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dimiliki oleh instansi yang memberikan pelayanan.

Kasubag Perlengkapan Bagian Umum Setda Kabupaten Garut tampak sedang menyiapkan tas HJG Ke-209 di kursi tamu undangan.

“Kami rasa kita sudah memiliki protokol yang cukup baik. Mereka tidak hanya melayani para pegawai sesuai protokol, tetapi juga melayani tamu. Meski tadi ada sedikit insiden saat pengibaran bendera, namum secara umum mereka telah memberikan pelayanan yang prima. Kami apresiasi kepada seluruh petugas yang telah menyiapkan kegiatan ini dengan baik,” ungkap Wakil Bupati Garut. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *