Peringati Hari Aids Sedunia, Ini Harapan Pimpinan Amartha Foundation

HARIANGARUTNEWS.COM – Hari AIDS Se-dunia diperingati setiap tanggal 1 Desember untuk meningkatkan kesadaran masyarakat soal virus HIV/AIDS. Peringatan Hari AIDS Se-dunia tahun 2021 mengangkat tema “End Inequalities. End AIDS”. Tema ini berfokus untuk menjangkau orang-orang di daerah tertinggal untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang semakin baik sehingga dapat mengatasi masalah ketidakadilan dan ketidaksetaraan.

Dalam hal ini, Pimpinan Amartha Foundation yang juga salah seorang pendiri organisasi penggiat narkoba dari Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha (PANNA), BRM Dimas Bayu Amartha berharap, dengan tema ini agar komitmen, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara segenap pemangku kepentingan dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan penyakit menular lainnya semakin kuat dan nyata. Dia juga menyerukan kepada seluruh anggotanya di Nusantara untuk membantu pemerintah dalam upaya ini agar penanganan kesehatan bagi penderita lebih baik dan risiko HIV/AIDS di masyarakat semakin menurun.

“Ini adalah seruan untuk lebih banyak perlindungan dan dukungan bagi yang telah lama berada di garis depan dalam pemberian layanan HIV. Masyarakat dapat berkontribusi pada upaya penanggulangan AIDS dan menjadikan dunia tempat yang lebih sehat. Meski peringatan Hari AIDS sedunia dirayakan ditengah pandemi tetapi tidak mengurangi makna dan semangat serta akan selalu dijadikan peringatan oleh semua sektor, kementerian, lembaga dan seluruh lapisan masyarakat untuk berjuang dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan penyakit menular seksual lainnya secara komprehensif,” ujar BRM Dimas Bayu Amartha, Rabu (01/12/2021).

Penggiat Sosial dari Yogyakarta ini menuturkan, HIV AIDS masih merupakan musuh besar kesehatan baik di dunia maupun di Indonesia. Target terpenting yang harus dicapai dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS adalah mewujudkan three zeroes pada tahun 2030, yaitu tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV AIDS.

“Pencegahan dan pengendalian HIV AIDS hanya mungkin akan berhasil jika mendapat dukungan dari seluruh jajaran pemerintah di pusat maupun di daerah serta peran serta dari segenap lapisan masyarakat termasuk kalangan para Penggiat Anti Narkoba. Dukungan dan peran serta sangat diperlukan dalam bentuk dukungan sumber daya manusia, peningkatan akses masyarakat pada layanan HIV dan penyebarluasan informasi melalui sosialisasi dan penyuluhan,” tandas Pimpinan Amartha Foundation. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *