Di Wanajaya Wanaraja Garut, Pemilihan Ketua RT dan RW Serentak Ala Pilkades

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,124 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Cuaca yang menyelimuti wilayah Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garu, tak begitu panas. Meski demikian, hawa adem sedikit terasa menyentuh kulit lantaran rimbunnya pepohonan yang tumbuh di kawasan desa ini semakin menambah suhu di lingkungan permukiman sehingga menjadi teduh meskipun di desa ini sedang berlangsung Pemilihan ketua RT/RW secara Demokrasi.

Sedikit unik, gelaran Pemilihan Ketua RT/RW serentak di Desa Wanajaya di lakukan di TPS, pihak panitia juga berkeliling secara Door todor ke tiap rumah warga untuk menghindari kerumunan warga mengingat masih di masa pandemi Covid-19.

Pemilihan serentak ketua RT/RW Desa Wanjaya tersebut telah berlangsung pada hari ini, Rabu (20/10/2021) yang diikuti oleh 8 RW dan 25 RT dari 3 Dusun untuk periode (2021-2026). Adapun hak pilih warga Desa Wanajaya yakni berjumlah 4.700 dari jumlah kepala keluarga sebanyak 1.700 (KK).

Saat dimintai keterangan oleh awak media, Ketua Panitia Pemilihan RT/RW Desa Wanajaya, Yanto Suprianto mengatakan, pelaksanaan pemilihan ketua RT/RW yang dilaksanakan pada hari ini berjalan dengan aman lancar dan kondusif.

“Ada beberapa RT dan RW yang tidak mengikuti pemihan, karena calonnya tunggal, jadi secara aklamasi itu dinyatakan sah,” Kata Ato, di Kantor Desa Wanajaya.

Adapun persyaratan tambah Ato, peserta calon ketua RT/RW cukup hanya melampirkan KTP/KK dan Ijazah (SLTP). Untuk calon RT dan ijazah (SLTA) untuk calon RW, mengenai teknis pelaksanaan tidak di fokuskan di tempat pemilihan suara (TPS).

“Tadinya akan difokuskan di TPS, sehubungan dengan intruksi dari kepala desa karena masih situasi pandemi Covid-19, dan tidak boleh ada kerumunan. Sehingga kita melakukannya secara door todor ke tiap rumah warga yang didampingi BPD Linmas dan Babinsa. Dan untuk hak pilih satu KK itu hanya diperbolehkan satu orang saja,” terang Ato.

Ato menuturkan, selain dibentuk kepanitian desa, pihaknya juga membentuk panitia kewilayahan dari mulai sekretaris dan anggota. Jadi setiap dusun ada panitia wilayah, sekretaris dan anggota.

“Untuk hasil pemilihan nanti saya akan kasih tau, karena ada beberapa wilayah datanya yang masih menyusul. Kemudian untuk pelantikan kita akan laksanakan pada pertengan bulan November 2021 mendatang,” terangnya.

Ia juga berharap kepada ketua RT/RW yang terpilih agar bisa melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya masing-masing dan bisa mengondisikan warganya. Karena setiap bulan, RT maupun RW wajib melaporkan segala sesuatu di wilayahnya ke desa.

Kepala Desa (Kades) Wanajaya, Iif Firman Nurdin menjelaskan, proses pemilihan RT dan RW secara langsung oleh warga ini baru pertama dilakukan di desa tersebut. Tujuannya, agar warga bisa menentukan siapa ketua RT atau RW yang sesuai dengan kriteria dan dapat mendukung program pembangunan desa.

“Kami berharap siapa pun calon RT dan RW terpilih hendaknya bisa sejalan dengan program kepala desa, membangun Desa ke arah ini lebih maju,” kata Iif.

Ia menambahkan, ada tiga dusun yang mengikuti pemilihan RT/RW yakni Dusun Kudang, Samangen dan Tipar. Dari ketiga dusun tersebut, semua dusun melakukan pemungutan suara dan besok akan di lakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara di desa.

Kades Wanajaya ucapkan terima kasih kepada semua warga masyarakat desa yang telah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan ketua RT dan RW setempat. Iif juga mengucapkan selamat kepada ketua RT/RW baru terpilih hasil pemilihan, semoga bisa menjalankan amanah warga dengan sebaik-baiknya

“Tak lupa ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Forkopimcam Wanaraja yang diwakili oleh Kasi Tapem pak Tatang Sapari, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah bersedia menghadiri kegiatan desa ini dan telah ikut berpartisipasi dalam mengawasi berjalannya pemilihan Ketua RT/RW baru di Desa Wanajaya dengan aman dan lancar sehinga proses Pemilihan ketua RT/RW sukses tanpa ekses dan kondusif,” pungkasnya (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *