Gencar Gelar Vaksinasi kepada Warga, Bupati Garut Apresiasi Kades Sukasenang

FOKUS400 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebelumnya diberitakan, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyebutkan, 24 kabupaten/kota di Jawa Barat termasuk Garut, berada di PPKM Level 3, karena adanya indikator baru dalam penilaian status level PPKM yaitu vaksinasi Covid-19 harus sudah diatas 40% dan Garut belum di 40%.

Sementara Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Asep Surachman mengatakan, cukup kesulitan untuk beberapa daerah yang saat ini animonya kurang begitu bagus dibandingkan dengan daerah perkotaan.

“Kita akan melaksanakan strateginya pertama vaksinasi secara massal di beberapa tempat bukan hanya di Sentra Vaksinasi Pendopo tapi di tiap kecamatan kita akan buka vaksinasi massa,” terang Asep.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa (Kades) Sukasenang, Iwan Ridwan mengatakan, bahwa warga masyarakat diwilayah desanya cukup tinggi dengan membludaknya warga desanya yang antusias ikut vaksinasi.

“Gebyar vaksin Jabar Merdeka dalam memperingati HUT RI Ke-76 dan HUT TNI Ke-76 warga kami di Desa Sukaseng Banyuresmi, sangat antusias berbondong-bondong dari usia 14 sampai 40 tahun, lansia termasuk ibu hamil datang ke lokasi vaksinasi, baik kesatu atau yang kedua,” ujar Kades Iwan.

Diwilayah desanya, lanjut Iwan, sudah hampir 60% warga sudah divaksin. Dari jumlah penduduk kurang lebih 15 ribu, wajib vaksin sekitar 12 ribu dan sudah divaksin lebih dari 7 ribu jiwa.

“Selasa kemarin itu jumlah terakhir sekitar 840 dan untuk sekarang belum terdeteksi, namun yang disiapkan hari ini 600 sampai 1.000 vaksin,” jelas Iwan.

Ditambahkan Iwan, dari kondisi warga masyarakat yang ada diwilayahnya dalam program vaksinasi ini menunjukan bahwa animo tinggi masyarakat akan vaksinasi ini tidak hanya wilayah perkotaan saja. Di daerah atau desanya pun cukup tinggi. Karena pemahaman warga akan pentingnya kesehatan terus diedukasi dan warga sudah mulai memahami.

Terkait capaian program vaksinasi di Desa Sukasenang Kecamatan Banyuresmi, Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan dukungan Kepala Desa Sukasenang dan masyarakat yang menyambut dengan antusias program vaksinasi massal pemerintah.

“Kepada Puskesmas, Kepala Desa dan masyarakat yang telah antusias melaksanakan program ini, saya ucapkan terima kasih. Saya menghimbau untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya karena partisipasi dan dukungan tersebut akan menentukan keberhasilan program vaksinasi sehingga Kabupaten Garut statusnya turun ke level 2 dan masyarakat nantinya dapat kembali beraktivitas dengan normal dan aman,” ucap Bupati Garut. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *