Pasien Menumpuk di IGD, Bupati Garut Sidak ke RSUD dr. Slamet

FOKUS1,009 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pelayanan dan fasilitas dari RSU dr. Slamet Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Jum’at (04/P6/2021).

Dalam sidak ini Bupati Garut meyakinkan, bahwa RSUD dr. Slamet Garut masih menerima pasien umum, dan untuk pasien Covid-19 dialokasikan untuk yang bergejala sedang dan berat.

“Bersama Kasat Pol PP kita cek keberadaan RSUD dr. Slamet sore hari ini. Ternyata Rumah Sakit dr. Slamet untuk pasien umum itu masih tersedia. Bed Occupancy Rate (BOR) kita di angka sekitar 75%, dan untuk Covid-19 kita sekarang merawat 105 orang yang mempunyai gejala sedang dan berat,” ujar Bupati Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat melakukan Sidak ke RSUD dr Slamet.

Ia menegaskan, pihaknya akan bersungguh-sungguh memberikan pelayanan terbaik kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat di RSUD dr. Slamet.

“Untuk kita untuk bersungguh-sungguh melakukan, bagaimana RSUD merupakan bagian yang akan dijadikan tempat para masyarakat yang terkena Covid-19. Kita rawat yang mempunyai gejala sedang dan berat, sedangkan yang tidak mempunyai gejala kita isolasi di tempat yang aman,” ucapnya.

Meskipun begitu, kata Rudy, pihaknya menjamin pasien umum akan tetap dilayani, dan ia akan menambah ruangan di RSUD dr. Slamet guna menunjang pelayanan prima kepada masyarakat Garut.

“Sedangkan yang pasien umum tetap kita layani, saya tadi lihat dari IGD pasien menumpuk dan cukup banyak kami juga akan tambah lagi ruangannya,” kata Rudy.

Ia mengatakan bahwa rumah sakit harus mampu mengatur secara cepat pelayanan di ruangan inap dan IGD (Intalasi Gawat Darurat), terutama terkait status keterisian ruangan, agar ruangan yang kosong bisa diisi oleh pasien yang masih berada di IGD.

“Saya harap rumah sakit harus mampu untuk mengatur di IGD, ini yang terpenting di IGD cepat statusnya. Saya minta para dokter supaya status yang pulang secepatnya ditentukan sepagi mungkin supaya nanti bisa diganti oleh para mereka yang menunggu di IGD,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *