Geram Tidak Ada yang Status Mandiri, Bupati Garut Sebut Kelurahan Bukan Warisan “Aki-Nini”

FOKUS780 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Geram dengan kinerja perangkat kelurahan, Bupati Garut H Rudy Gunawan, meminta Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menghadirkan para Camat, Lurah dan perangkatnya. Dalam apel dilapangan Setda, Rabu (03/02/2021), Bupati Rudy mengungkapkan kekecewaannya karena sampai saat ini, dari 21 kelurahan di Kabupaten Garut tidak ada kelurahan yang statusnya mandiri.

“Sengaja saya minta kepada Sekretaris Daerah untuk mengumpulkan camat yang dibawahnya ada kepala kelurahan beserta perangkat dikelurahan. Hari ini pak Sekda saya tugaskan ke Jakarta dengan Asisten 3, Kepala Dinas PUPR dan Perkim serta Kabag ULP, untuk konsultasi ke pemerintah pusat,” ucap Rudy dalam sambutannya.

Rudy berharap, berharap pertemuan apek tersebut, dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan melakukan langkah strategis, agar kinerja di kelurahan bisa dtingkatkan.

“Saya sangat terkejut ketika mendapatkan data dari Kemendes (Kementerian Desa PDTT) dan data hasil penilaian kelurahan. Bahwa di Garut ini hanya ada 12 Desa Mandiri, sangat sedikit sakali,” ungkap Rudy, dengan wajah kecewa.

Lanjut dijelaskan Rudy, bahwa dibawah Desa Mandiri ada yang namanya Desa Maju yang mencapai 200 dan ada yang namanya Desa Berkembang, serta di Garut masih ada 27 Desa Tertinggal.

“Ternyata kelurahan di Garut tidak ada yang statusnya Kelurahan Mandiri. Tidak ada status kelurahan yang berkualifikasi maju. Saya sangat prihatin dengan keadaan ini. Karena indek desa membangun dengan kelurahan membangun, saya kira sama, karena sekarang ada anggaran kelurahan,” paparnya.

Bupati berharap ini menjadi perhatian para camat, agar lebih agresif memperjuangkan kelurahannya. Karena program kegiatan yang ada di kelurahan, kadangkala tidak tersentuh oleh perencanaan.

“Saya juga terkejut bahwa ada lurah yang sudah lebih dari empat tahun, lurah seolah-olah milik sendiri. Kelurahan dianggap warisan “aki-nini” (kakek-nenek). Karena keadaan itulah, tidak ada kelurahan yang maju di Kabupaten Garut, sedangkan desa sudah banyak yang maju meski sedikit yang mandiri,” kata Rudy Gunawan. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *