Sosok Adi Pribadi Ketum HIPMI Kabupaten Garut

TOKOH DAN OPINI1,380 views

Oleh : DR (C)Hendro Sugiarto , SE.,M.MKMT (Ketua Umum Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Kabupaten Garut)

Adi Pribadi MZ nama lengkap nya, beliau adalah Ketua Umum terpilih MUSCAB HIPMI VI kabupaten Garut. Beliau terpilih secara aklamasi dengan mengantongi dukungan diatas 50% peserta Muscab kemarin.
Sebagai dewan pengarah (SC) pada Muscab VI, yang di bentuk pada tanggal 21 Desember 2020, proses dan tahapan Muscab VI sudah sesuai dengan aturan yang ada (ART serta Pedoman Organisasi) serta melalui proses asistensi mulai BPD Jawa Barat, sampai BPP.

Pertama, yang ingin saya ucapkan adalah, selamat atas terpilih nya kang Adi dan harapannya HIPMI kedepan menjadi sebuah wadah yang akan menciptakan pengusaha muda yang kokoh, dan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut.

Kedua, sosok Adi Pribadi, merupakan sosok yang tepat menahkodahi HIPMI kedepan, tentunya ada beberapa alasan : Alasan pertama, beliau adalah sosok pengusaha muda yang sukses, hampir lebih 12 project Perumahan yang dia ciptakan yang tersebar, tidak hanya di Kabupaten Garut, namun di berbagai daerah lainnya. Tentu ini menjadi modalitas awal membangun HIPMI kedepan, apalagi hari ini HIPMI menjadi perbincangan banyak orang setelah empat kader HIPMI terbaik menjadi menteri di kabinet Pak Jokowi. Alasan kedua, sosok beliau diantara kader HIPMI yang lain di Kabupaten Garut merupakan pengurus BPC HIPMI tiga zaman, artinya beliau bukan kader baru HIPMI sehingga menjadi modalitas membangun HIPMI. Dengan modalitas tersebut tentunya akan membawakan HIPMI lebih dinamis, dan akan merespon dengan cepat setiap peluang yang ada. saya yakin jaringan ke-HIPMI-an beliau mulai dari akses ke empat menteri, maupun jaringan HIPMI nasional akan beliau maksimalkan demi penguatan para pengusaha muda di Kabupaten Garut. Karena kekuatan pengusaha itu, selain inovation, agility yaitu Collaboration,maka Kolaborasi adalah kunci agar para pengusaha muda bisa scale up. Alasan Ketiga, sosok yang mudah bergaul, pemberani, dan peduli ini menjadi modalitas beliau karena karakter tersebut yang akan membawa HIPMI lebih hidup dan bisa diandalkan kerja-kerjanya sesuai dengan tagline HIPMI yaitu persaudaraan dan persahabatan, modal itulah yang akan memperkokoh konsep kolaborasi bagi seluruh para pengusaha muda di Kabupaten Garut.
Ketiga , Adi Pribadi dengan HIPMI nya harus menjadi katalisator dalam hal pemulihan ekonomi pasca covid, apalagi sekarang sudah di bentuk satgas pemulihan ekonomi daerah, dan salah satu anggotanya adalah HIPMI. Kebiasaan Kabupaten Garut, hal-hal demikian hanya di jadikan sebagai formalitas saja, sebatas kewajiban menyelesaikan tugas dari lembaga di atasnya. Sebagai catatan saja pertumbuhan ekonomi Garut mengalami penurunan sampai diangka 3%, yang semula 6, 5 % di quartal ke 3 tahun kemarin. HIPMI harus mampu menjadi dirigen dalam satgas tersebut, mulai dari tahap perencanaan dengan cara the great reset eksekusi kebijakan-kebijakan sampai kepada tahap evaluasi.

Keempat, menjadi pekerjaan Rumah bagi sosok Adi Pribadi berikutnya adalah bagaimana agar HIPMI mampu berkontribusi dalam penguatan PDRB Kabupaten Garut. Sebagaimana kita ketahui bahwa 65 persen PDRB Kabupaten Garut di sumbang oleh sektor pertanian, satu sisi sekarang kita masuk kepada gelombang ekonomi ke empat yaitu trend ekonomu setelah ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi dan era sekarang yaitu ekonomi kreatif. sehingga menjadi PR bagi HIPMI kedepan. Terlebih kabupaten Garut telah di canangkan menjadi Center of tourism di Jawa Barat. Keberadaan pariwisata Kabupaten Garut yang unggul, dengan keunggulan GURILAPS nya (gunung, rimba, laut, pantai dan seni budaya) harus berdampak kepada pertumbuhan 16 sub sector ekonomi kreatif di Kabupaten Garut, tentunya harapan saya HIPMI harus menjadi Tink tank nya pemerintah Kabupaten Garut, sehingga berdampak kepada penguatan ekonomi dan daya beli masyarakat di Kabupaten Garut.

Terakhir, saya ucapkan selamat bekerja kepada sahabat saya kang Adi Pribadi yang sekarang sedang menyusun sebuah the dream team, yang akan di ajukan kepada BPD Jawa Barat untuk segera di Lantik, dan tentunya segera bekerja. Karena tugas HIPMI sedang menanti.

salam, Pengusaha Pejuang, Pejuang Pengusaha!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *