Bahas Program, Pengurus Pokdarkamtibmas Polres Garut Gelar Silaturahmi dengan Kasat Binmas Baru

HALO POLISI533 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Polres Garut, Igie N. Rukmana S Kom menggelar giat acara silaturahmi dengan Kasat Binmas Polres Garut yang baru Iptu Didi Sutardi di Saung Kejora, Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler, Selasa (29/12/2020).

Iptu Didi Sutardi sebelumnya menjabat sebagai Panit Binmas Polsek Karangnunggal Polres Tasikmalaya menggantikan posisi jabatan Kompol Dudu Gunawan SH, yang purna tugas pada 1 Desember 2020. Giat acara silaturahmi antara Kasat Binmas dengan Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut itu, dihadiri Kanit Bintibmas, Aipda Umar Taufik S Sos I, anggota Satbinmas Polres Garut, Bripda Ivan Caputra dan Sekretaris Pokdarkamtibmas Nendi Sajidin.

Dalam pertemuannya dengan pengurus Pokdar, Didi menyampaikan, pihak kepolisian tidak dapat bekerja sendiri dalam mengamankan wilayah. Dengan adanya Pokdarkamtibmas, akan sangat membantu petugas kepolisian dalam hal apapun salah satunya untuk pengamanan dan keamanan, cetusnya.

Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut saat menggelar silaturahmi bersama Kasat Binmas Polres Garut yang baru, Iptu Didi Sutardi.

“Sebagai Kasat Binmas yang baru saya mohon dukungan dan kerjasama yang baik dari jajaran pengurus Pokdarkamtibmas Polres Garut dalam ikut mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya di wilayah hukum Polres Garut. Seperti yang kita ketahui, keamanan adalah pokok yang utama, semuanya kita harus laksanakan dengan silaturahim dari silaturahmi itu kita bisa menciptakan senyum dan menjaga keamanan yang kondusif di Kabupaten Garut ini,” tutur Iptu Didi, Selasa (29/12/2020).

Mantan Kasubag Humas Polres Tasik ini menambahkan, Kepolisian Jepang dengan menerapkan strategi Polmas (Community Policing) melalui optimalisasi peran Koban berupaya meraih kepercayaan masyarakat dengan mengedepankan setiap petugas Koban untuk melakukan kegiatan kegiatan kunjungan, patroli, Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Problem solving.

“Oleh karena itu, sistem ini diterapkan di Kepolisian Indonesia karena kesadaran hukum masyarakat di Jepang sangat tinggi dan perlu dicontoh juga prinsip kearifan lokal ini yang kita pegang,” ungkap Kasat Binmas.

Didi mengaku, sebagai warga baru di Kabupaten Garut dirinya meminta masyarakat untuk meningkatkan jaringan komunikasi jika ada gejolak ganguan kamtibmas maka bisa dicegah secara dini, melalui Pokdarkamtibmas yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat, pungkasnya.

Sementara Ketua Pokdarkamtibmas mengatakan, dalam giat acara itu juga selain membahas agenda silaturahmi dengan Kapolres Garut juga dibahas rencana pembacaan deklarasi menolak anarkisme dan radikalisme serta program kerja Pokdarkamtibmas kedepan. Pembahasan Pokdarkamtibmas, kata Igie, sebagai Mitra Polri sesuai Perkap Nomor 3 Tahun 2015 bertujuan untuk mewujudkan sinergitas Polri dan TNI serta mendukung program pemerintah, paparnya.

“Terima kasih bapak Kasat Binmas Polres Garut beserta jajarannya telah menyempatkan hadir dalam kegiatan silaturahmi antar Pokdarkamtibmas dengan kepolisian. Pokdarkamtibmas merupakan sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian khususnya di kabupaten Garut,” tutup Ketua Pokdarkamtibmas Polres Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *