Wakil Bupati Garut : APBD 2020 untuk Penanganan Covid-19 Masih Cukup

FOKUS641 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati (Wabup) Garut dr Helmi Budiman, memastikan bahwa kesiapan tim medis Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Garut selalu siap melakukan penanganan pasien dan melakukan tracking tracing, kendati beberapa hari ini, pasien positif terpapar terus bertambah jumlahnya.

“Kalau dilihat dari sisi alat, kita bisa melakukan pemeriksanan 300 orang perhari. Disisi orang, kita juga sudah menambah relawan-relawan dan dari sisi pendanaan juga, pak Bupati sudah menyampaikan, sampai dengan hari ini kita masih siap,” ujar Helmi, Senin (09/11/2020).

Lanjut disampaikan Helmi, kalau semisal satu reagen dan oranya, di angka Rp1 juta per orang, dalam satu hari 300 orang, berarti Rp300 juta, kalau dalam satu bulan dikisaran Rp9 miliar. Anggaran ini, sambung Helmi, diprediksi masih cukup untuk tahun 2020.

“Kalau kita lakukan efisiensi lagi, karena ini kan hibah dari BNPB, jadi sebenarnya APBD itu tidak mengeluarkan sebesar itu. Karena yang Rp1 juta per orang itu, diberikan hibah oleh BNPB,” jelasnya.

Ditambahkan Wabup Helmi, sebenarnya Pemkab Garut tidak memikirkan biaya Rp1 juta per orang, pihaknya hanya memikirkan untuk tenaga medis dan tenaga labolatorium saja.

“Jadi kalau misalkan tadi 300 sehari, katakanlah tenaga untuk satu orang itu Rp100 ribu, hanya Rp30 juta sehari, kalau 30 hari Rp900 juta. Berarti dalam dua bulan ini kurang lebih Rp2 miliar, itu cukup dan ada di APBD,” pungkasnnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *