Tinjau Lokasi Bencana, Istri Wakil Bupati Garut Berikan Edukasi Pencegahan Banjir

FOKUS939 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Mungkin nilainya tak seberapa, namun ternyata permen loli buatan khas perkampungan di Garut ini, membuat puluhan anak korban banjir bandang di Kampung Bendungan, Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut kembali bisa tersenyum.

Istri Wakil Bupati Garut, dr Hani Firdiani Budiman, yang turut mendampingi sang suami saat peninjauan pasca banjir, secara khusus ia menyiapkan permen yang saat ini sulit ditemui, sebagai kejutan bagi anak yang trauma atas bencana banjir bandang, pada Senin (12/10/2020) yang lalu.

“Ya, ini untuk menghibur anak-anak yang trauma atas bencana alam ini, selain dengan game saya beri kejutan dengan hadiah permen loli,” ujarnya, Rabu (14/10/2020).

Lanjut dikatakan dr Hani, selain ada rasa was-was bencana banjir bandang akan kembali datang, puluhan anak mengaku trauma karena menyaksikan secara langsung bencana tersebut. Sehingga, sambung ia, anak-anak perlu diberikan penjelasan tentang bencana tersebut termasuk bagaimana cara menghadapinya.

“Di sekolah soal banjir bandang ini memang sudah disampaikan, tetapi perlu memberikan penjelasan kembali yang lebih detail,” ungkap Hani.

Dalam kondisi keceriaan anak tersebut, istri orang nomor dua di Garut ini memberikan edukasi tentang bagaimana cara mencegah agar bencana banjir bandang tak terjadi lagi. Seperti tak membuang sampah sembarangan dan memperbaiki lingkungan alam yang rusak serta menjaganya agar tetap utuh.

“Edukasi pencegahan banjir ini harus dipahami sejak usia dini, agar saat tumbuh dewasa diaplikasikan dalam kehidupan nyata,” pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *