Ketua Presidium Garut Selatan : Jaga Marwah dan Harga Diri Lembaga DPRD

FOKUS2,880 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Mantan anggota DPRD Kabupaten Garut yang juga Ketua Presidium Garut Selatan, Suryaman AS, mengingatkan seluruh anggota dewan untuk menjaga kode etik sebagai dewan karena apabila terjadi pelanggaran akan mempengaruhi fungsi penyelenggaraan pemerintahan. Dikatakannya, struktur pimpinan dan keanggotaan harus menjalankan fungsi badan DPRD secara optimal.

“Mengevaluasi keberadaan DPRD Kabupaten Garut saat ini, kondisinya lebih kepada mengedepankan ego sektoral dan membangun kecitraan secara kelompok yang tidak objektif terhadap kondisi internal fraksi-fraksi dan lembaga DPRD. Saya melihat yang terjadi sekarang lebih mengedepankan membangun politik sistem belah bambu dan saling menenggelamkan,” ujar tokoh Garut Selatan, Minggu (17/05).

Suryaman mengatakan, disadarinya bahwa teori itu secara politik bagus, tetapi secara kelembagaan khususnya di DPRD harus mampu menciptakan kelembagaan yang kolektif kolegial. Kerja politik, kata Dia, perlu saling dukung dan mendukung dengan membangun prestasi individu maupun kelompok. Karena hal itu, menurut Suryamana, akan berdampak kebaikan dan manfaatnya akan dirasakan oleh rakyat. Semua fraksi harus menonjolkan dan membangun aspirasi rakyat sesuai koridor hukum yang ada.

“Salah satu contoh persoalan yang terjadi di DPRD saat ini. Jangan sampai saling mengorek kesalahan orang lain ataupun menjatuhkan seseorang dengan cara yang sehat dan tidak objektif. Mari kita bangun sesuai pepatah orang tua, saling mendukung, saling memaafkan, dan hindari saling menjatuhkan. Apabila hal ini tidak dibangun dengan baik dan saling menjatuhkan, ini akan menjadikan preseden buruk bagi lembaga DPRD sendiri,” tegas Suryaman.

Dia melanjutkan, hal-hal yang akan merugikan rakyat seharusnya dihindari. Suryaman berharap, kepentingan-kepentingan individu yang akan menjadi borok di masyarakat sebaiknya dihindarkan. Lebih baik semuanya membangun kinerja DPRD, membangun rakyat sesuai mekanisme atau panduan yang telah ditetapkan dan kesepakatan berlandaskan kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya menghimbau kepada adik-adik di DPRD, seluruh anggota harus menjaga marwah dan harga diri DPRD Garut dengan penegakan kode etik yang akan berdampak positif terhadap kinerja lembaga. Bangunlah sinergitas dengan lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Karena itu akan menjadikan buah hasil yang berdampak manfaat untuk rakyat itu sendiri,” tuturnya kepada hariangarutnews.com.

Suryaman menambahkan, dirinya memohon kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Garut, supaya membangun kinerja dari mulai internal partai maupun fraksi masing-masing untuk menumbuhkan sinergitas secara baik guna mewujudkan lembaga DPRD handal, sukses tanpa ekses. Bila sudah demikian, insya Allah lembaga DPRD Kabupaten Garut akan menjadi DPRD terbaik di bumi pertiwi ini, tutupnya. (TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *