Permudah Pendataan Pemudik dan Pelaku Perjalanan, Puskemas Cempaka Garut Siapkan Google Form

FOKUS1,580 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam upaya penanganan dan pencegahan pandemi corona virus disease 19 (COVID-19), Puskesmas Cempaka, telah melakukan berbagai kegiatan, yakni berupa upaya promotif, preventif dan kuratif. Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Cempaka Garut, drg. Khania Puspitasari S,MARS

“Upaya promotif dan preventif yang dilakukan dengan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pencegahan virus covid-19 ini, hal ini dilakukan agar masyarakat tidak menyikapi pandemi ini dengan kepanikan yang berlebih. Namun, lanjut Khania, dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat menjadi mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk pemutusan rantai penularan covid-19,” ucap Khania, Selasa (14/04).

Dijelaskan Khania, sosialisasi ini sudah dilaksanakan di semua desa yang berada di wilayah kerja Puskesmas Cempaka, dan bekerja sama dengan lintas sektor diantaranya, Pemerintah Desa, Pemerintah kecamatan dan unsur Forkompim lainnya.

Selain itu, sambung Khania, Puskesmas mendampingi desa untuk desinfektan wilayah desa tersebut dan diutamakan tempat-tempat umum seperti masjid, kantor desa dan puskesmas.

“Puskesmas Cempaka mengikuti kegiatan piket di kecamatan untuk berpartisipasi dalam penangangan covid-19, yaitu pemeriksaan suhu dan pendataan para pemudik di posko pemudik,” kata Khania.

Upaya kuratif dilakukan dengan meningkatkan pelayanan dalam kondisi yang harus siaga terhadap pandemi ini. Puskesmas Cempaka membuka pelayanan selama seminggu penuh, dan setiap harinya melayani jika ada pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan untuk tindak lanjut tersebut, dengan adanya rapid test yang dilakukan oleh tim medis, bagi pasien yang sudah di diagnosa sebagai pasien ODP dan PDP.

“Selain itu untuk mempermudah pendataan pemudik atau pelaku perjalanan, Puskesmas Cempaka membuat Google form agar masyarakat bisa terpantau kondisinya tanpa harus ke puskesmas langsung dan cukup mengisi google form tersebut dengan link http://bit.ly/DETEKSIDINICOVID-19PKMCEMPAKA,” pungkasnya. (Bulan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *