Antisipasi Kejadian Serupa Terkait Kecelakaan Bus Maut di Sumatera, Polres Garut Sudah Lakukan Pencegahan Dini

HALO POLISI784 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Merayakan libur Natal dan Tahun Baru sudah menjadi budaya tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat kerap menggunakan sarana transportasi umum maupun kendaraan pribadi untuk melakukan mobilitas ke kampung halaman ataupun pergi berwisata untuk merayakan natal dan tahun baru.

Agenda tetap tahunan menjadi fenomena menarik, mobilitas masyarakat antar provinsi serta antar pulau pada periode libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 meningkat pesat sehingga berbagai instansi terkait secara bersama-sama mendukung agenda nasional tersebut khususnya pada periode tersebut.

Momen tersebut juga menjadi salah satu concern bagi Polres Garut mengingat meningkatnya arus kendaraan yang membawa para pemudik tentu akan berdampak terhadap meningkatnya risiko yang akan dialami para pemudik seperti kemacetan, ketidaknyamanan, gangguan keamanan di jalan, hingga terjadinya kecelakaan.

Apalagi pasca kecelakaan Bus Sriwijaya rute Bengkulu-Palembang yang menewaskan 30 orang di Kota Pagar Alam Sumatera Selatan pada Selasa (24/12), dalam kesempatan ini Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah SIK MIK, pihaknya menyebut bersama Kodim 0611 Garut, BNN dan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut melalui Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, BPBD, Jasa Raharja dan steakholder lainnya sudah dan akan semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap awak transportasi.

“Sebelumnya juga kita sudah melaksanakan chek dan pemeriksaan kepada awak transportasi di Terminal Guntur. Hal tersebut dimaksudkan agar kegiatan yang dilakukan dapat mencapai sasaran yaitu pencegahan dini dan penurunan frekuensi kecelakaan melalui pemeriksaan medis kepada pengemudi angkutan penumpang umum serta masyarakat pengguna transportasi,” ujar Kapolres Garut, Rabu (25/12) usai mendampingi Waka Polda Jabar di Limbangan.

Ditambahkan Kapolres Garut, selain pemeriksaan kelayakan dan kelengkapan surat menyurat, puluhan sopir juga menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine. Dari hasil pemeriksaan, kata dia, tidak satupun yang ditemukan adanya indikasi penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang. Kapolres berharap, Operasi Lilin Lodaya 2019 di Kabupaten Garut tetap kondusif hingga pergantian malam Tahun 2020 nanti, pungkasnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *