Jelang Peringatan Hari HIV/Aids Sedunia, Ini yang Disampaikan Pelajar MAN 5 Garut

MIMBAR EDUKASI1,509 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Masifnya penyebaran virus HIV/AIDS mendorong pemerintah, elemen masyarakat hingga pelajar di Kabupaten Garut untuk semakin peduli dan berkampanye tentang HIV.

Salah seorang pelajar dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Garut, Mita Nurlatifah (16) mengatakan, penanganan penyebaran HIV saat ini seharusnya lebih diarahkan pada aspek preventif.

“Penanganan preventif adalah penanganan yang lebih baik. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” kata Mita yang tinggal di Kampung Babakan Cau RT03/08, Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu tersebut.

Ketika seseorang sudah terindikasi terinfeksi HIV, lanjut Mita, masyarakat jangan menjauhinya. Masyarakat tetap harus mengoptimalkan peran serta Orang dengan HIV/AIDS (Odha) dalam kehidupan bermasyarakat. Mita mengatakan, masyarakat perlu menjauhi penyakit AIDS, namun jangan pernah menjauhi penderitanya.

“Kita dari kalangan pelajar harus bisa menjadikan para Odha menjadi agen-agen perubahan dan agen yang akan bisa membuat program preventif menjadi berjalan lebih baik,” jelasnya.

Mita menambahkan, bahwa kepedulian terhadap HIV/AIDS jangan hanya dilakukan pada momentum 1 Desember saja, tetapi harus tetap dilakukan sepanjang tahun. Dalam hal ini, para pelajar harus mendukung penuh berbagai program pencegahan HIV/AIDS yang digulirkan di Kabupaten Garut, pungkasnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *