Duta Napza DPD PANNA Garut : Pancasila Selalu Sakti dan Terkoneksi

Oleh : Leslie Audina Aidil Fitri

HARIANGARUTNEWS.COM – Hari Kesaktian Pancasila yang kerap diperingati pada tanggal 1 Oktober, bukanlah hari yang dianggap angin berlalu saja. Memang peristiwa itu, sudah terjadi sekitar puluhan tahun yang lalu. Tetapi kita sebagai generasi penerus bangsa, sepatutnya mengingat dan mengamalkan dari arti Pancasila itu sendiri.

Mengapa harus? Tanpa adanya Pancasila dan para pahlawan yang berjuang demi memperoleh ideologi negara, mungkin saat ini negara kita yaitu Indonesia belum merdeka. Tidak ada landasan dalam setiap tingkah perilakunya dalam berwarganegara. Kita sepatutnya bersyukur, kita tidak perlu berjuang sampai kehilangan nyawa.Tapi kita sebagai warga negara, harus menjadi wadah penerus tonggak perjuangan para pahlawan bangsa.

Sebagai generasi muda berjiwa Pancasila, mari kita bersama-sama berjuang, bersikeras dan selalu mencintai serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Besarnya perjuangan serta pengorbanan para pahlawan dalam memerdekan bangsa Indonesia, kita sebagai pemuda atau kaum milenial tidak bisa hanya duduk menikmati kemerdekaan begitu saja. Kita harus aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan cara mewujudkan Indonesia yang adil dan damai, yaitu dengan cara mengamalkan  nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari.

Setelah merebaknya teknologi informasi dengan ragam kecanggihannya, generasi manusia pun mengalami perubahan karakter dan tipe. Kita kaum milenial saat ini sudah tidak lagi mendominasi percaturan kehidupan. Dunia hari ini banyak diwarnai oleh generasi C. Apa itu generasi C? Yaitu connected generation atau gerenasi yang selalu terkoneksi. Ya, kita gemar membuat konten (creation), mengkurasi konten (curation), serta membangun komunitas daring dan intens dengan aktivitas digital (connected).

Keunggulan generasi kita saat ini memiliki kreativitas tinggi, penuh percaya diri serta terkoneksi antara satu dengan lainnya. Meski hidup di era yang serba otomatis, dan cenderung menginginkan sesuatu yang serba instan dan sangat gampang dipengaruhi, Pancasila tetap Pancasila. Dasar ideologi negara kita. Kita generasi milenial tidak bisa lepas dari pijakan-pijakan yang menjadi dasar kerukukan dan keragaman yang ada di Nusantara ini. Tetap Sakti Pancasila-ku.

***Penulis aktif sebagai Duta Napza DPD PANNA Kabupaten Garut, Duta Pelajar Industri Kreatif dan Mojang Jajaka Kabupaten Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *