Hadir di Wisuda, Kepala BNN RI Sebut Universitas Garut Turut Andil dalam Pemberantasan Narkoba

HARIANGARUTNEWS.COM – Universitas Garut (Uniga) menggelar Sidang Terbuka Senat Universitas Garut dalam Rangka Wisuda angkatan XXVII Pasca Sarjana, Sarjana dan Diploma tahun ajaran 2019-2020 yang diselenggarakan di halaman kampus Uniga, Jalan Raya Samarang, KecamatanTarogong Kaler, Rabu (25/09).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Drs Heru Winarko SH, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK, Kepala BNNK Garut AKBP Irzan Haryono SH, beserta tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala BNN Pusat mengisi orasi ilmiahnya terkait bahaya Narkoba dengan tema “Menyelamatkan Generasi, Merawat Negeri Dari Ancaman Kejahatan Narkoba”. Heru mengatakan, kondisi geografis negara Indonesia yang mayoritas berupa lautan dimanfaatkan oleh sindikat bandar Narkoba sebagai jalur favorit bagi penyelundupan Narkoba dari Luar Negeri.

Heru menyatakan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Indonesia semakin meningkat, dengan meluasnya korban akibat narkoba. Kecenderungan meningkatnya penyalahgunaan penggunaan narkotika, imbuh dia, ditandai dengan peningkatan jumlah korban, mencakup dari kalangan anak-anak hingga aparat negara.

”Lewat kerjasama ini, perguruan tinggi turut andil dalam pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba terutama di Kabupaten Garut. Luasnya pantai dijadikan celah masuk penyeludupan Narkoba ke Indonesia, Jawa Barat sangat berpotensi tinggi masuknya Narkoba ke ibukota, pantai Utara dan Selatan Jawa,” kata Heru Winarko.

Dalam penelitian terungkap bahwa peredaran dan pengguna narkoba di Jawa Barat sudah mencapai angka 5 persen, hal tersebut jauh di ambang batas dunia yang menempatkan angka 2 persen sebagai ambang batas. Pihaknya mengatakan untuk menekan angka peredaran dan pemakai narkoba di Jawa Barat, satu di antaranya dengan program Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Sementara itu Rektor Univesriatas Garut Dr Ir H Abdusy Syakur Amin, M Eng menyampaikan Uniga memandang penting mengundang Kepala BNN untuk melakukan orasi ilmiah didepan para wisudawan sebagai generasi muda bangsa dalam upaya membangun kemampuan masyarakat guna menjaga dan melindungi diri, keluarga, dan lingkungan dari kejahatan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

”Kita harus memperkuat ketahanan generasi muda kita, selain apa yang kita lakukan dalam upaya meningkatkan kecintaan tanah air dengan berbagai kegiatan positif, kita juga harus tetap waspada sebagai upaya reminding bahwa musuh yang paling utama adalah salah satunya bahaya penyalahgunaan Narkoba,” tutup Syakur. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *