Enam Bulan Gunakan Air Kotor, Dinas Sosial Garut dan TKSK Kirim Bantuan Air Bersih Bagi Warga Kersamanah

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,439 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Beberapa bulan terakhir ini kemarau mengakibatkan kekeringan yang luarbiasa, bahkan banyak masyarakat yang hendak mencuci pakaian harus pergi ke kali dengan jaraknya lebih dari 5 Km. Seperti yang terjadi di Desa Sukamerang, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, warga masyarakat menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan air bersih.

Hal ini mendapat respon cepat dari Dinas Sosial Kabupaten Garut bekerjasama dengan TKSK Kecamatan Kersamanah, warga masyarakat dikirim bantuan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan air bersih tersebut. Terpantau dilapangan satu unit armada mobil tanki air sedang membagikan kepada warga.

TKSK Kecamatan Kersamanah, Ai Nur’aisyah SE, saat dilokasi pembagian air mengatakan, sengaja ini dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan air masyarakat yang kekurangan.

“Ini bantuan dari Pemerintah Kabupaten Garut untuk masyarakat yang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus dalam rangka ulang tahun TKSK yang ke 10 tahun,” ujar Ai Nur’aisyah SE, Selasa (17/09).

Ai juga menjelaskan, dengan pembagian air bersih ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Air bersih yang di kirimkan ini bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat. Desa Sukamerang ini, kata Ai, ada dua kampung yang di beri bantuan air bersih, yang mana kedua kampung tersebut kondisinya sangat parah tidak ada air bersih. Selain di Desa Sukamerang, ia juga membagikan air bersih di Desa Kersamanah yakni di Kampung Calincing.

Warga Desa Sukamerang Cucu Sukmana (38) sangat bersyukur adanya bantuan air bersih setelah selama enam bulan kesulitan mendapatkan air yang layak pakai.

“Baru kali ini ada bantuan air bersih, selama enam bulan kami bersama masyarakat lainnya sangat kesulitan,” cetusnya. Air bersih ini untuk memenuhi kebutuhan mencuci pakaian, kata Cucu, besama warga lainnya kerap berjalan kaki selama 5 Km ke kali Cikoek yangh jauh dari permuikiman warga.

Sementara Plt Camat Kersamanah, Beni Nurjaman, adanya bantuan pemerintah melalui TKSK Kecamatan, warga yang selama ini kesulitan akhirnya bisa mendapatkan air bersih walaupun itu jumlahnya sangat terbatas.

“Ya, saya sangat berterimakasih kepada TKSK, yang sudah mau membantu memberikan air bersih dan terimakasih juga saya kepada dinas sosial Kabupaten Garut yang sudah membawa air bersih,” Pungkasnya.

Reporter   : (Golden)***

Editor       : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *