7 Hektar Sawah di Sukaresmi Garut, Petani Gagal Panen

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,305 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kekeringan di areal pertanian sudah banyak terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Garut. Seperti pemberitaan sebelumnya di Kecamatan Bl Limbangan. Dan kekeringan kembali terjadi di Desa Cinta Damai dan Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut.

Uloh (50) tokoh masyarakat kampung Walahir Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi mengungkapkan kekhawatirannya pada musim kemarau sekarang ini banyak petani yang dipastikan gagal panen padi.

“Di Desa Padamukti ada 3 hektar, dan Desa Cinta Damai ada 4 hektar, yang dipastikan gagal panen,” ucap Uloh.

Lanjut Uloh, akibat kekeringan ini, para petani dipastikan merugi. Biaya modal untuk bercocok tanam tidak bisa kembali, dan petani kebingungan untuk musim berikutnya. Pasalnya kalau padi tak bisa dipanen, bagaimana untuk modal bertani musim nanti.

“Saya sih berharap, mewakili para petani yang ada, pemerintah bisa melirik kondisi kekeringan ini. Harapannya pemerintah bisa mengalokasikan bantuan benih dan pupuk untuk para petani, agar musim kedepan bisa bertani kembali,” beber Uloh.

Sekretaris Desa Padamukti, Ahmad Nasir, saat dikonfirmasi membenarkan, bahwa diwilayahnya kekeringan akibat kemarau panjang, mengakibatkan gagal panen para petani. Pihak pemerintah desa sendiri sudah menyampaikan laporan dan data kepada UPT Kecamatan sukaresmi.

“Pihak UPT sudah croscek ke lapangan, tinggal menunggu dari dinas pertanian untuk realisasinya,” singkat Ahmad Nasir.

Reporter    : (Ndy/Mahdi)***

Editor        : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *