Di Cikajang Garut : Majang Seni Canting, Upaya Cegah Stunting

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,195 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Upaya penanganan dan penurunan angka persentase Stunting perlu sinergitas antara pihak Dinas Kesehatan dan Pemerintah Desa. Yang mana gerakan ini yang sedang di canangkan Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, yang terus gencar bersosialisasi dan turun ke pelosok desa. Hal ini dilakukan Puskesmas dan Pemerintah Desa Karamatwangi Kecamatan Cikajang.

Kepala Desa Karamatwangi Kecamatan Cikajang, Gunawan Taufik, mengatakan, ini upaya dan langkah positif dan Inovatif dari Kepala Puskesmas dalam rangka penanganan Stunting.

“Pihak Pemerintah Desa siap mendukung sepenuhnya dengan upaya ini, apalagi program ini yang sedang digalakan Wakil Bupati Garut,” ucap Kades, Selasa (03/09).

Ditambahkan Gunawan, gelar Majang Seni Canting yang dilaksanakan Puskesmas Cikajang, ini merangkum kegiatan antara lain, pertama untuk edukasi kesehatan dan skrining PTM anak sekolah. Kedua pemeriksaan HB anak sekolah (Gemerlab Cantik). Ketiga pemberian tablet FE pada Remaja Putri.

Sementara, Kepala Puskesmas Cikajang, dr Hj Vinta Vini Diah Permanasari, disela kegiatan menjelaskan, yang dilaksanakan tim kesehatan dilapangan yakni pemberian tablet penambah darah dan pemeriksaan pada remaja putri, yang berlokasi di SMP IT Nurul Hidayah Desa Karamatwangi. serta di lanjutkan dengan pengecekan tensi darah dan lab darah di kampung Perkebunan Megawati Desa Karamatwangi.

“Ini upaya penurunan angka Stunting, yang memang di tingkat Jawa Barat, angkanya cukup tinggi. Yang tadi dilakukan adalah pemeriksaan skrining kepada remaja putri dan ibu-ibu yang usianya antara 15 -40 tahun, karena ini masa usia subur. Hal ini merupakan upaya penurunan angka Stunting, karena ini berhubungan dengan anemia,” terangnya.

Ditambahkan dr Vinta, Puskesmas Cikajang mempunyai target, seluruh Sekolah yang ada dalam wilayah kerja Puskesmas, akan dikunjungi semuanya. Dan tak hanya disekolah, kegiatan juga dilakukan kepada ibu-ibu yang masa usia subur di masing-masing Posyandu.

Reporter   : (Bilal)***

Editor       : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *