oleh

Rp 1,2 Milyar Disiapkan Pemkab Garut Untuk Bangun Sekolah SMPN Talegong

HARIANGARUTNEWS.COM – Pada tahun 2020 akan di bangun sekolah perisapan SMPN 3 Talegong, yang sempat heboh di media sosial. Yang mana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, telah 6 untuk pembangunan dan penyediaan lahan tanah. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Totong M Pd.

“Warga masyarakat Desa Sukamaju seharusnya mendorong untuk pengadaan lahan tanah. Namun, dengan kepedulian Bupati dan Wakil Bupati Garut terhadap dunia pendidikan, akhirnya pemerintah hadir dan menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar,” ucap Totong, Jum’at (30/08) di ruang kerjanya.

Totong mengatakan, sejak ramai di media sosial berupa video para siswa, yang meminta pemerintah untuk membangunkan sekolah. Pihaknya langsung turun kelapangan, menerjunkan tim khusus, melakukan komunikasi dan berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa.

“Persoalannya di lahan yang menjadi masalah, sesuai dengan aturan pemerintah, lahan yang di butuhkan seluas 6000 meter. Tetapi akhirnya sudah bisa di pecahkan setelah hadirnya pemerintah guna merespon langsung keinginan masyarakat setempat untuk memiliki sekolah,” bebenya.

Totong mengaku, untuk pembahasan anggaran tahun 2020, pihaknya sudah mengajukan anggaran pada DPRD Garut agar mendapatkan persetujuan. Pada pengadaan lahan dan bangunan anggaran yang di ajukan senilai Rp 1,2 miliar, dan menjamin anggaran tersebut akan mendapatkan dukungan dari DPRD.

“Selama ini memang dalam APBD Garut anggaran untuk pendidikan dialokasikan sebesar 20 persen. Jumlah anggaran tersebut di bagi tiga pos termasuk untuk anggaran pembangunan insfratruktur dunia pendidikan,” terang Totong.

Ia pun menambahkan, di Kabupaten Garut memang banyak masyarakat yang mengajukan permohonan pendirian sekolah. Namun hal tersebut juga tidaklah mudah, harus dilakukan kajian FS. Seperti yang ada di Desa Sukamaju Talegong, secara kajian FS memang daerah tersebut sudah layak didirikan sekolah, karena setiap tahunnya sebanyak 250 siswa mengenyam pendidikan.

“Kajian FS memang sangat diperlukan untuk memenuhi masyarakat dalam mendirikan sekolah,” pungkasnya.

Reporter  : (Hidayat)***

Editor      : Firdaus

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru