Prodi Profesi Ners STIKes Karsa Husada Garut, Dongkrak Derajat Kesehatan Masyarakat Mandiri

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,439 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Lima puluh hari efektif penelitian dan pengembangan oleh Mahasiswa STIKes Karsa Husada Garut, dua inti masalah yang menjadi target selama mahasiswa melakukan penelitian di masyarakat, yakni terkait program Open Defecation Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar sembarangan dan penanganan masalah sampah.

Ketua Program Studi (Prodi) Profesi Ners, Iin Fatimah S Kep Ners M Kep, menuturkan bahwa sengaja para mahasiswa STIKes dengan Profesi Ners ini diterjunkan kelapangan selama limapuluh hari efektif, ini harus dilakukan, karena dengan profesi Ners ini mahasiswa harus melampaui berbagai stase, Stase Komunitas Keluarga Gerontik.

“Kalau masyarakat menyebutnya KKN, nah kami dengan profesi Ners ini menyebutya, program profesi Ners untuk Stase Komunitas Keluarga Gerontik, selama lima puluh hari, yang intinya adalah, mahasiswa ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Ucap Iin.

Iin mengaku, mahasiswa punya tugas Tri Dharma termasuk Dosen juga untuk pengabdian masyarakat, yang sifatnya untuk mensejahterakan masyarakat. Yang dilakukan mahasiswa tentunya dengan dosen pembimbing melakukan survey, apa saja masalah kesehatan yang ada dimasyarakat, hasil survey muncul permasalahan yang ada dimasyarakat, dan mahasiswa merancang strategi apa yang harus dilakukan.

“Setelah dua bulan melakukan survey dan penelitian, kami mengajak tokoh masyarakat, koordinasi juga dengan kecamatan, desa dan puskesmas, untuk pemecahan masalah kesehatan yang ada. Permasalahan yang ada yang ditemukan yakni terkait pengelolaan pengolahan sampah dan air bersih yang diutamakan, tapi pemecahan masalah disini bagaimana masyarakat bisa mandiri, setelah para mahasiswa beres tidak ada dilapangan, masyarakat akan madiri bagaimana mengelola kesejahteraannya, kualitas hidup itu yang menjadi tujuan utama” beber Iin.

Sementara Pembantu Ketua II Bidang Keuangan, Umum dan Kepegawaian STIKes Karsa Hudada Garut H Aceng Ali S Kep Ners M HKes, disela kegiatan berharap kegiatan yang dilakukan para mahasiswa bisa mendongkrak derajat kesehatan masyarakat.

“Ini merupakan langkah nyata kami, bentuk aplikasi pengabdian kepada masyarakat, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” singkatnya.

Reporter  : (Yanto S – Ndy)***

Editor       : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *