Bumdes Sukarame Garut Produksi Air Cup Mineral

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,538 views

HARIANGARUTNEWS. COM – Memanfaatkan sumber mata air di wilayah pegunungan ciparay, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) desa Sukarame kecamatan Caringin, memproduksi kemasan air cup mineral yang siap dipasarkan.

Kandungan air tersebut seperti diutarakan kepala desa Sukarame, Yanti Susilawati, S, ST sangat baik dikonsumsi sekalipun belum dimasak.

“Setelah kami lakukan tes labotarium, kangdungan PH nya 7,4 dan TDS nya 0,3. Ini sangat berkualitas untuk dijadikan bisnis oleh Bumdes. Maka Bumdes kami mencoba produksi dengan mengemas model air cup, ” terangnya saat ditemui saat peresmian program Pansimas oleh wakil bupati Garut, Kamis (8/8) kemarin.

Sejumlah produsen air mineral ternama, imbuh Yanti pernah berkunjung ke desa Sukarame dan melakukan penelitian. Mereka pun mengakui kalau air disini sangat bagus.

Tambahnya lagi, pemanfaatan sumber mata air tersebut merupakan buah dari study banding ke desa Ponggok Klaten. Sekalipun tidak mengikuti pola desa wisatanya, namun sisi ilmu pemberdayaan yang menjadi prioritas.

“Sekalipun jarak tempuh ke sumber mata air cukup jauh mencapai 15 Km, tetapi debit airnya cukup besar dan bisa dimanfaatkan oleh warga. Bahkan bisa disalurkan ke beberapa desa tetangga,” terangnya.

Reporter  : (Tea)***

Editor      : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *