Capai Target Universal Akses Air 2019, Wakil Bupati Garut Resmikan Pamsimas Desa Sukarame

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,195 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, meresmikan pembangunan Program Penyediaan Ais Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas) di Desa Sukarame, Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, yang pekerjaannya sudah selesai dilaksanakan oleh Pemerintah Desa setempat.

Didepan ratusan masyarakat Desa Sukarame, Kecamatan Caringin, Helmi Budiman, menuturkan, bahwa Pamsimas merupakan program andalan nasional tujuannya meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

“Pamsimas program pemerintah, yang mampu untuk mengantisipasi kekurangan air bersih. Di Desa Sukarame, memang mata airnya bagus, termasuk airnya bisa langsung di minum karena memiliki kadar secara kesehatan baik,” tuturnya, Rabu (07/08).

Dikatakan dr Helmi Budiman, saat ini masyarakat Sukarame, kebanyakan kaum petani, sudah bisa langsung menikmati air bersih sampai kerumah-rumah. Dalam laporan yang disampaikan Kepala Desa, kalau proses pengerjaan yang menghabiskan anggaran besar ini, ada keterlibatan juga swadaya dari masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi masyarakat proaktif dalam membantu mensukseskan program Pamsimas, apalagi mereka langsung ikut terlibat dalam pekerjaannya,” ucapnya.

Kendati pun program Pamsimas telah selesai dan bisa di manfaatkan oleh masyarakat, Wabup mengajak, agar masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan. Jangan hanya menikmati air besihnya, melainkan agar bisa menjaga sanitasinya.

“Pembangunan Pamsimas untuk melayani kebutuhan air warga masyarakat yang kurang terlayani, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan agar dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi serta meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

dr Helmi berpesan, air merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat, Oleh karena itu pihaknya berupaya membangun fasilitas air bersih sehingga seluruh masyarakat bisa mendapatkan air yang memenuhi standar kesehatan.

“Mengingat program tersebut dari warga untuk warga maka saya berharap warga memelihara dan menjaga prasarana yang telah dibangun sebagai salah satu upaya mempertahankan masa guna sarana prasarana,” pesannya.

Sementara Kepala Desa Sukarame, Kecamatan Caringin, Yanti Susilawati, mengatakan, pembangunan sarana air bersih baru bisa terlaksana pada tahun 2019. Yang anggarannya di dapat melalui APBN di bantu Dana Desa dan Swadaya Masyarakat.

“Baru tahun ini Pamsimas bisa terlealisasi padahal sudah diprogramkan sejak tahun 2016,” ungkapnya.

Dengan adanya sarana Pamsimas, ribuan masyarakat yang terdapat di 9 RW sudah bisa langsung menikmati air bersih di rumahnya masing-masing. Bahkan, air bersih tersebut dialirkan ke seluruh tempat ibadah. singkatnya.

Reporter : (Ndy)***

Editot      : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *