Siapkan Pelantikan, Pengurus Pokdarkamtibmas Resor Garut Gelar Koordinasi dengan Kapolsek Bayongbong

HALO POLISI1,254 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali, jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian Indonesia, maka dari itu dibentuklah Pokdarkamtibmas.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut bersama Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Bayongbong melaksanakan kunjungan silaturahmi sekaligus koordinasi dengan Kapolsek Bayongbong di Mako Polsek Bayongbong, Jalan Asrama Polisi, Kecamatan Bayongbong, Kamis (12/10/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Bayongbong, AKP Yusli Yulianto SH, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, Igie N. Rukmana, S. Kom, beserta Sekretaris, Nendi Sajidin, Humas Resor Garut, Tati Nuryati, Penasehat Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong, H. Toni Ahmad Efendi, Bendahara Sektor Bayongbong, Bieby Bagja,  Sekretaris Sektor Bayongbong, Pipih Nurhanifah S.Pd, Wakabid Humas, Mira Suharyanti, Kabid Organisasi Sektor Bayongbong, Herdi Phasrah dan Kabid Informasi dan Teknologi (IT), Ropik Nurul Hayat.

Kapolsek Bayongbong menerima kunjungan pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut dan Sektor Bayongbong.

Dalam kunjungannya, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, Igie N. Rukmana S.Kom mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka koordinasi persiapan pelantikan pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan dan ketentraman masyarakat di Kecamatan Bayongbong. Pokdarkamtibmas, imbuh dia, adalah sebuah organisasi Mitra Polri yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat.

“Kamtibmas adalah merupakan tanggung jawab kita bersama, karena itu untuk meningkatkan dan menjaga stabilitas keamanan ketertiban masyarakat, atas perintah Kasat Binmas Polres Garut, kami pengurus Pokdarkamtibmas Resor Garut bersama tokoh masyarakat Bayongbong telah membentuk Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong dan berencana akan menggelar pelantikan pengurus pada Rabu 25 Oktober 2023 di Aula Kecamatan Bayongbong. Hal ini tentu kedepannya guna membantu dan meringankan tugas-tugas kepolisian,” beber Igie.

Ia melanjutkan, Pokdarkamtibmas bukanlah LSM ataupun Ormas, melainkan lahir dari rahim Polri melalui Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas). Dikatakan Igie, pembinaan terhadap Pokdarkamtibmas akan dilakukan secara komprehensif, berjenjang, dan berkelanjutan, tujuannya agar keberadaan dan dinamika kegiatan tidak mengalami pasang surut, tandasnya.

Ketua Pokdarkmtibmas Bhayangkara Resor Garut bersama Kapolsek Bayongbong.

Sementara dalam sambutannya, Kapolsek Bayongbong, AKP Yusli Yulianto SH mengatakan, Pokdarkamtibmas salah satu bentuk persahabatan dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri guna meningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polsek Bayongbong.

“Pokdarkamtibmas harus hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan peningkatan kesadaran hukum, membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok, komunitas, serta mengembangkan kemitraan dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan mendorong partisipasi masyarakat guna menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas,” tutur Kapolsek Bayongbong.

Oleh karena itu, lanjut AKP. Yusli, pihaknya menyambut positif dan sangat bangga dengan terbentuknya Pokdarkamtimbas Bhayangkara Sektor Bayongbong. Ia berharap Pokdar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dalam melaksanakan program kerja, ia berharap organisasi ini senantiasa bersinergi dengan jajaran kepolisian. Karena pada prinsipnya Pokdarkamtibmas merupakan mitra kerja Polri dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pengurus Pokdarkamtibmas Resor Garut dan Sektor Bayongbong di Mapolsek Bayongbong.

“Saya sangat mengapresiasi adanya acara pembentukan Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong. Upaya menjaga rasa aman bukan semata tugas aparat keamanan tapi kita semua punya kewajiban untuk memastikan situasi tetap kondusif. Terkait rencana akan diadakannya pelantikan pengurus Sektor Bayongbong tentunya kami sangat mendukung dan hal tersebut telah mendapat apresiasi dari Kapolres Garut,” ungkap Kapolsek Bayongbong.

Terpisah, Kasat Binmas Polres Garut, AKP Hasan Sadikin SH, turut mengapresiasi pembentukan Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong yang secara sukarela bermitra dengan Polri untuk melakukan kegiatan bersama dengan tujuan mengamankan dan menanggulangi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Garut.

“Tugas-tugas Pokdarkamtibmas adalah memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya, dan harus mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk mentaati hukum. Anggota Pokdarkamtibmas harus berkelakuan baik dan mampu berkomunikasi dengan baik pula dengan masyarakat,” pungkas Kasat Binmas Polres Garut, Kamis  (12/10/2023).

Dalam pembentukan pengurus tersebut, salah seorang  pengusaha percetakan di Bayongbong, Hj. Biebie Bagja, ditunjuk menjadi Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong, dan Tokoh Masyarakat Bayongbong yang juga Ketua Yayasan Al-Mutakhariyah, H. Toni A. Efendi menjabat sebagai Penasehat Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong. Selanjutnya pengurus akan merekrut pengurus lainnya dari perwakilan masing-masing desa dan membentuk pengurus Sub Sektor yang ada di wilayah Kecamatan Bayongbong. (TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *