Diburu Baksower’s, Bakso Mas Jangkung di Jalan Cimanuk Jadi Primadona Warga Garut Kota

GARUT KOTA2,589 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, tradisi dan kuliner-nya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing-masing dengan cita rasa yang autentik. Makanan Indonesia memang terkenal akan cita rasa yang khas  dengan menggunakan banyak rempah-rempah, dan makanan Indonesia secara tidak langsung dapat menunjukkan identitas bangsa.

Selain Bandung, Garut sudah lama dikenal sebagai kota kuliner, berbagai macam makanan ada di sini, dari dari dodol ternama hingga seblak. Bagi Anda penikmat bakso, ada tempat alternatif untuk mencicipi cita rasa yang menggugah selera. Di Jalan Cimanuk No. 318, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, tepatnya di samping gereja Pantekosta dan Cafe Living Market, ada warung baso yang menjadi primadona warga Garut.

Warung Bakso Mas Jangkung, dinamakan begitu. Mas Jangkung merupakan pemilik pertama yang memiliki postur badan tinggi atau dalam bahasa sunda disebut jangkung, sehingga nama jangkung ini dipakai untuk nama usaha bakso tersebut. Ia telah berjualan bakso 30 tahun lebih.

Menu Bakso Mas Jangkung di Jalan Cimanuk, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota.

Masing-masing pedagang bakso di Kabupaten Garut sudah memiliki pelanggan yang fanatik. Kunjungan pembeli semakin meningkat saat akhir pekan. Bagi Anda pencinta bakso, rasanya belum lengkap jika tak mencoba bakso legendaris dari Cabang Pasir Koja Bandung ini. Tak ayal, selama perjalanannya, ia sendiri sudah memiliki banyak pelanggan setia yang rutin membeli bakso dagangannya.

“Sekitar 7 tahun yang lalu sebelum mengelola bakso Mas Jangkung yang di Garut, awalnya kami usaha Seafood. Lalu kami berkomunikasi dengan pemilik awal untuk mendirikan usaha ini dengan sebutan bakso Mas Jangkung sesuai dengan nama cabang yang di Bandung. Semua bakso itu merupakan produksi sendiri dengan daging sapi murni,” ujar Silvia, salah seorang putri dari pengelola bakso Mas Jangkung.

Diminati banyak orang, bakso Mas Jangkung ini menjadi salah satu pilihan masyarakat Garut Kota dan sekitarnya untuk menunda lapar. Warung bakso ini sungguh dapat direkomendasikan untuk anda yang mencari cita rasa bakso asli. Penghobi Bakso pasti akan merasa sangat menikmati cita rasa khas Mas Jangkung. Pasalnya, tak hanya lokasi nyaman yang dipilih, namun varian bakso pun ternyata juga patut menjadi rekomendasi agar sesuai selera.

Bakso dibuat dari daging asli dengan citra rasa tinggi.

“Menu Bakso yang banyak diminati oleh pelanggan Yamin Manis dan Asin, dan bakso campur. Pembuatan baksonya sendiri dibuat di Bandung dan ke Garut itu dipaketin semuanya dan disini dijual. Adapun  pembuatannya oleh bapak saya sendiri. Dengan porsi yang sangat luar biasa, harganya pun juga tidak akan merusak kantong para baksower’s,” ungkap Silvi kepada hariangarutnews.com, Kamis (12/10/2023).

Dengan harga bervariasi untuk setiap paket porsi bakso berupa Bakso Kuah, Mie Bakso, Bihun Bakso, Bakso Kuah+Siomay, Yamien Manis, Yamien Asin dan menu lainnya, kamu bisa mendapatkan seporsi bakso dengan isian daging sapi yang begitu terasa dan melimpah.  Yamien manis adalah menu favorit pelanggan yang datang ke warung bakso Mas Jangkung. Dengan harga Rp22 ribu-25 ribu per porsi, anda sudah dapat mendapatkan cita rasa asli Indonesia.

Lidah anda akan semakin bergoyang, bila Yamien pisah kuah tersebut dipadukan dengan Es Jeruk khas warung bakso Mas Jangkung itu. Seperti dikatakan dr. Hani Firdiani, istri Wakil Bupati Garut, yang pernah memesan bakso Mas Jangkung di Jalan Cimanuk, Garut Kota, tersebut.

Selain di Pasir Koja, Bakso Mas Jangkung hadir di Garut. Produksi bakso langsung dikirim dari Bandung.

“Ketika diseruput, kuahnya terasa segar, gurih, dengan sedikit cita rasa yang menambah kekhasan tersendiri. Baksonya pun begitu lembut, dan terasa sekali daging sapinya alias nggak terlalu banyak filler seperti tepung.,” ungkap dr. Hani.

Sementara menurut salah seorang pelanggan, Rofiq Nurul Hayat, warga Villa Lembah Asri, Blok C No. 17, Desa Mekargalih, Tarogong Kidul, mengatakan, bakso Mas Jangkung memiliki berbagai keunggulan. Bakso, kata Rofiq, adalah makanan “sejuta umat” yang bisa disantap kapan saja. Bakso juga bisa dinikmati sebagai makanan berat, tetapi bisa juga sebagai selingan.

“Bakso Mas Jangkung menawarkan sajian bakso yang berbeda dengan bakso-bakso yang ada di pasaran. Bakso mengandung daging sapi sebagai sumber protein berkualitas tinggi, kaya, dan mengandung semua asam amino esensial. Selain rasanya lezat, bakso Mas Jangkung kaya akan protein dan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan kesehatan tulang, berkontribusi pada fungsi pencernaan yang sehat dan membantu sinyal sel,” pungkasnya. (Tim Jobtrain HGN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *